PERMAINAN TARIK TALI

PERMAINAN TARIK TALI
    A.    Pengertian Permainan Tarik Tali

Permainan tarik cacing adalah sebuah permaianan yang terdiri atas dua regu ydengan jumlah anggota sama banyak serta satu orang wasitnya.

    B.     Fungsi permainan
a.       Aspek Kognitif: dalam permainan ini pemain akan diasah otaknya untuk memikirkan dan melakukan trik yang dapat mempertahankan dirinya atau mengalahkan lawannnya. Sehingga kemampuan motoriknya berjalan dan berkembang.
b.      Aspek motorik: dari segi motorik, keseluruhan anggota atau pemain akan menggerakkan tubuhnya selama kegiatan seperti berlari, berjalan, atau gerakan lainnya yang di perlukan.
c.       Aspek Sosial dan emosional: dapat mengembangkan asperk sosial emosional karena dalam permainan ini akan terbentuk kerjasama antar anggota tim serta kegembiraan yang didapat selama permainan.
d.      Aspek Bahasa: karena dalam permaianan ini dibutuhkan kerja sama maka akan terjalin interaksi antara anaggtota tim berupa komunikasi.

    C.     Alat dan Bahan yang dibutuhkan
1.      Tali kur 2 warna (contoh merah dan kuning)

    D.    Teknik dan aturan permainan
1.      Peserta dibagi atas 2 kelompok dengan cara suit berpasangan.
2.      Peserta yang menang dalam suit akan tergabung dalam satu tim dan yang kalah akan tergabung dalam satu tim.
3.      Masing-masing anggota tim akan diberi tali kur yang akan dipasangkan di lengannya masing-masing. Seluruh anggota tim menggunakan warna tali yang sama. Misalnya anggota yang menang menggunakan warna merah dan yang kalah menggunakan warna kuning.
4.      Permainan akan dimulai setelah diberi aba-aba oleh wasit.
5.      Lama permaianannya yaitu 5 menit.
6.      Masing-masing anggota kelompok dapat saling menyerang dengan cara menarik tali yang ada di lengan lawan., dan dapat juga membantu temannya untuk menyerang anggota lainnya.
7.      Jika dalam waktu lima menit kelompok dapat menarik tali lawan lebih banyak maka kelompok yang menarik tali lebih banyak tadi adalah kelompok yang menang.

8.      Kelompok yang kalah akan mendapatkan hukuman yaitu menggendong anggota lawan yang menang.  

0 Response to "PERMAINAN TARIK TALI"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef