PENGEMBANGAN SAINS
ANAK USIA DINI
1. Hal-hal
apa saja yang harus dipersiapkan guru dalam pembelajaran sains AUD!
Jawab:
© Sebelum
pembelajaran sains guru terlebih dahulu harus merancang kegiatan apa yang akan
dilaksanakan sesuai dengan tema di hari pembelajaran sains, dekat dengan anak, apakah
aman untuk anak dan aspek apa yang dapat dikembangkan pada kegiatan tersebut.
© Mempersiapkan
ruangannya dan tatana ruangan jika kegiatan di dalam ruangan
© Mempersiapkan
alat dan bahan pembelajaran sains
© Mempersiapkan
metode apa yang akan di pakai ketika pelaksanaan pembelajaran
2. Bagaimana
pendapat anda tentang persiapan guru hasil observasi, apakah sudah tepat?
Jawab:
Untuk
persiapan guru di tk observasi yang dilakuan kelompok saya, menurut saya
persiapannya sudah bagus dan tepat, karena sebelum observasi dilaksanakan kami
sudah memberi tahu tentang kedatangan kami, sehingga dapat dipersiapkan oleh
guru di tk tersebut. Kegiatan yang dilakukan hari itu yaitu menggambar dan
mewarnai yang juga masuk dalam pembelajaran sains. Secara penyediaan alat/bahan
serta kegiatannya sudah bagus. Guru juga sudah mengatasi bagaimana cara
mengajarkan pada anak tentang kegiatan sainsnya sehingga anak tertarik untuk
mencoba.
3. Bagaimana
menurut anda tentang pentingnya pengembangan sains AUD!
Jawab:
Sains
dapat melatih daya pikir seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapinya,
hal ini dapat mengembangkan kognitif, ia juga dapat mengembangkan sikap ilmiah
yang membantunya dalam mengambil keputusan dari berbagai sudut pandang,
mengembangkan rasa ingin tahu serta dapat memahami lingkungan seseorang itu
berada yang dapat mengembangan afektinya. Serta sains menumbuhkan dan
mengembangkan keterampilan seseorang yang merupakan pengembangan psikomotoriknya
Untuk itu pembelajaran sains perlu dimulai sejak dini agar kemampuan diatas
dapat dikembangkan secara optimal pada anak sehingga ia dapat terjun kedalam
hubungan masyarakat dan lingkungannya kelak.
4. Apa
kendala yang mungkin membuat surut mengembangkan sains AUD di daerah anda?
Jawab:
Hal
yang membuat surut pengembangan sains di daerah saya terutama pada PAUD nya
yaitu:
© Kurangnya
pengalaman guru dalam pembelajaran dan pengajaran sains
© Kurangnya
sarana-dan prasarana
© Kurangnya
pelatihan-pelatihan pada guru AUD untuk mengembangkan keterampilannya dalam
mengajarkan sains
© Anggapan
guru bahwa pembelajaran baca tulis lebih penting dikenalkan pada anak.
© Metode
yang salah digunakan guru ketika mengajarkan sains dan mengurangi minat anak
dalam pembelajran sains.
5. Buatlah
suatu RKH dengan kegiatan inti pengembangan sains lengkap dengan scenario
pembelajarannya!
Jawab:
KELOMPOK B
SEMESTER 2 /
MINGGU : I
TEMA / SUB TEMA : Tanaman/ buah-buahan
HARI / TANGGAL : Selasa, 29 oktober 2013
WAKTU :
INDIKATOR
|
KEGIATAN
|
ALAT & SUMBER
|
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|
ALAT
|
HASIL
|
|||
Berdoa sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan (NAM)
Mendengarkan dan
memperhatikan teman berbicara (Bhs)
Menunjukkan sikap saling
tolong menolong sesama teman ( menolong teman membuat alat transportasi darat
dengan melalui media) (NAM)
Menggambar bebas dengan
berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, spidol, arang dan
bahan-bahan alam dengan rapi (FISIK MOLUS)
Berdoa sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan (NAM)
Mendengarkan dan
memperhatikan teman bicara
(NAM)
|
PEMBUKAAN
1. Kegiatan
awal (30 menit)
· Salam,
berdoa, bernyanyi
INTI
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
AREA sains
· Guru bercakap-cakap tentang "macam-macam buah".
Guru bertanya apel itu buah atau sayuran?Apa warna mangga? Apa rasa apel? Siapa
yang senang makan apel? dll
Guru menjelaskan dan mengajak anak
bereksplorasi dengan media yang ada
Guru menyampaikan kegiatan hari
ini dengan mengklasifikasi buah berdasarkan warna/sewarna, pencampuran warna,
dan pembuatan sop buah
AREA SENI
· Guru
membentuk dua kelompok dalam suatu kelas untuk kegiatan menggambar dan
mewarnai buah menggunakan pencampuran cat warna
ISTIRAHAT
III.
Istirahat 30 menit
Cuci tangan,doa,
makan,bermain
PENUTUP
IV. Kegiatan akhir 30
menit
Diskusi kegiatan hari ini
Nyanyi ,doa pulang dan salam
|
Guru
dan anak
Gambar
Anak
dan guru
Pencampuran Warna,cat air, Gelas,Sendok, Air
Sop Buah,Air,Gelas/
Mangkok,Sendok
,Susu/Sirup,Gula ,Apel,Anggur ,Mangga,Buah Naga dan nangka
Gambar,cat
warna,
Air,sabun,lap
tangan
Alat
permainan
Guru
dan anak
Guru
dan anak
|
Observasi
percakapan
Percakapan
dan unnjuk kerja
Pemberian
tugas
Unjuk
kerja
Percakapan
Unjuk
kerja
|
|
Sentra
Sains
Tema/Sub tema : Tanaman/buah
Sentra :Sains
Guru : ...
Judul Kegiatan : 1. Klasifikasi warna buah
2. Pencampuran Warna
3. Membuat Sop Buah
Hari/Tanggal : selasa/ 29 oktober 2013
Jumlah Siswa : 10 orang
Durasi : ...menit
Usia Siswa : 5-6 Tahun
Pra Pengalaman : Anak sudah pernah mengenal macam-macam buah
Anak sudah pernah mengenal warna
Anak sudah pernah mengenal rasa buah
Tema/Sub tema : Tanaman/buah
Sentra :Sains
Guru : ...
Judul Kegiatan : 1. Klasifikasi warna buah
2. Pencampuran Warna
3. Membuat Sop Buah
Hari/Tanggal : selasa/ 29 oktober 2013
Jumlah Siswa : 10 orang
Durasi : ...menit
Usia Siswa : 5-6 Tahun
Pra Pengalaman : Anak sudah pernah mengenal macam-macam buah
Anak sudah pernah mengenal warna
Anak sudah pernah mengenal rasa buah
Tujuan Pembelajaran : Kegiatan 1
- Anak dapat mengklasifikasi buah mangga sewarna
Kegiatan 2
- Anak dapat mencampur warna merah dan kuning,
merah dan hijau, hijau dan kuning
Kegiatan 3
- Anak dapat membuat sop buah
Bahan/Materi dan Persiapan yang dilakukan :
- Anak dapat mengklasifikasi buah mangga sewarna
Kegiatan 2
- Anak dapat mencampur warna merah dan kuning,
merah dan hijau, hijau dan kuning
Kegiatan 3
- Anak dapat membuat sop buah
Bahan/Materi dan Persiapan yang dilakukan :
©
Kegiatan
1. Bercakap-cakap macam-macam buah
- macam-macam buah
- Gambar buah-buahan
Kegiatan 1. Klasifikasi
- warna buah
- macam-macam buah
- Gambar buah-buahan
Kegiatan 1. Klasifikasi
- warna buah
©
Kegiatan
2. Pencampuran Warna
- cat air
- Gelas
- Sendok
- Air
- cat air
- Gelas
- Sendok
- Air
©
Kegiatan
3. Sop Buah
- Air
- Gelas/ Mangkok
- Sendok
- Susu/Sirup
- Gula
- Apel
- Anggur
- Mangga
- Buah Naga dan nangka
- Air
- Gelas/ Mangkok
- Sendok
- Susu/Sirup
- Gula
- Apel
- Anggur
- Mangga
- Buah Naga dan nangka
J Pembukaan (...menit) :
- Berbaris
- Guru mengajak anak melakukan
gerak dan lagu "nama-nama rasa"
- Guru memberikan salam dan
mengajak anak berdoa
- Guru menyiapkan semua materi
untuk pembelajaran hari ini di sentra sains
Kegiatan Inti (...menit) :
- Guru bercakap-cakap tentang
"macam-macam buah". Guru bertanya apel itu buah atau sayuran?Apa
warna mangga? Apa rasa apel? Siapa yang senang makan apel? dll
- Guru menjelaskan dan mengajak
anak bereksplorasi dengan media yang ada
- Guru menyampaikan kegiatan hari
ini dengan mengklasifikasi buah berdasarkan warna/sewarna, pencampuran
warna, dan pembuatan sop buah
- Guru menjelaskan dan
mendemonstrasikan kegiatan 1, kegiatan 2, dan kegiatan 3
Langkah-langkah
kegiatan
- Klasifikasi mangga - Anak
mengambil gambar buah sewarna dan dipisahkan menurut warna sejenis
- Pencampuran warna - Anak
mengambil cat air dan mencampurnya di dalam gelas dengan sendok dan air
- Sop buah - Anak mengambil gula
dan air, lalu diaduk di dalam gelas/mangkok. Anak memasukkan buah-buahan
dan terakhir dimasukkan sirup/susu
- Guru menyampaikan aturan dalam
melakukan kegiatan 1 klasifikasi buah, kegiatan 2 pencampuran warna, dan
kegiatan 3 sop buah.
- Sebelum memulai kegiatan anak
membuka password kegiatan dengan melompat di buah warna merah
- Anak dapat mengklasifikasi buah
berdasarkan warna sejenis, mencampur warna, dan membuat
sop buah.
J Penutup (...menit)
- Kegiatan penutup, anak
menyebutkan kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini.
- Guru bertanya tentang
pengalaman anak selama kegiatan berlangsung.
- Guru mengajak anak untuk
mencoba pengalaman tersebut di rumah seperti mewarnai gambar buah-buahan
dari hasil pencampuran warna dan membuat sop buah
- Doa, Salam, Pulang
0 Response to "PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI"
Post a Comment