PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI

PENGEMBANGAN SAINS

ANAK USIA DINI
1.    Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan guru dalam pembelajaran sains AUD!
Jawab:
©      Sebelum pembelajaran sains guru terlebih dahulu harus merancang kegiatan apa yang akan dilaksanakan sesuai dengan tema di hari pembelajaran sains, dekat dengan anak, apakah aman untuk anak dan aspek apa yang dapat dikembangkan pada kegiatan tersebut.
©      Mempersiapkan ruangannya dan tatana ruangan jika kegiatan di dalam ruangan
©      Mempersiapkan alat dan bahan pembelajaran sains
©      Mempersiapkan metode apa yang akan di pakai ketika pelaksanaan pembelajaran
2.    Bagaimana pendapat anda tentang persiapan guru hasil observasi, apakah sudah tepat?
Jawab:
Untuk persiapan guru di tk observasi yang dilakuan kelompok saya, menurut saya persiapannya sudah bagus dan tepat, karena sebelum observasi dilaksanakan kami sudah memberi tahu tentang kedatangan kami, sehingga dapat dipersiapkan oleh guru di tk tersebut. Kegiatan yang dilakukan hari itu yaitu menggambar dan mewarnai yang juga masuk dalam pembelajaran sains. Secara penyediaan alat/bahan serta kegiatannya sudah bagus. Guru juga sudah mengatasi bagaimana cara mengajarkan pada anak tentang kegiatan sainsnya sehingga anak tertarik untuk mencoba.
3.    Bagaimana menurut anda tentang pentingnya pengembangan sains AUD!
Jawab:
Sains dapat melatih daya pikir seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapinya, hal ini dapat mengembangkan kognitif, ia juga dapat mengembangkan sikap ilmiah yang membantunya dalam mengambil keputusan dari berbagai sudut pandang, mengembangkan rasa ingin tahu serta dapat memahami lingkungan seseorang itu berada yang dapat mengembangan afektinya. Serta sains menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan seseorang yang merupakan pengembangan psikomotoriknya Untuk itu pembelajaran sains perlu dimulai sejak dini agar kemampuan diatas dapat dikembangkan secara optimal pada anak sehingga ia dapat terjun kedalam hubungan masyarakat dan lingkungannya kelak.
4.    Apa kendala yang mungkin membuat surut mengembangkan sains AUD di daerah anda?
Jawab:
Hal yang membuat surut pengembangan sains di daerah saya terutama pada PAUD nya yaitu:
©      Kurangnya pengalaman guru dalam pembelajaran dan pengajaran sains
©      Kurangnya sarana-dan prasarana
©      Kurangnya pelatihan-pelatihan pada guru AUD untuk mengembangkan keterampilannya dalam mengajarkan sains
©      Anggapan guru bahwa pembelajaran baca tulis lebih penting dikenalkan pada anak.
©      Metode yang salah digunakan guru ketika mengajarkan sains dan mengurangi minat anak dalam pembelajran sains.
5.    Buatlah suatu RKH dengan kegiatan inti pengembangan sains lengkap dengan scenario pembelajarannya!
Jawab:
KELOMPOK B
SEMESTER 2 / MINGGU : I
TEMA / SUB TEMA           : Tanaman/ buah-buahan
HARI / TANGGAL              : Selasa, 29 oktober 2013
WAKTU                                                :

INDIKATOR
KEGIATAN
ALAT & SUMBER
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT
HASIL



Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM)








Mendengarkan dan memperhatikan teman berbicara (Bhs)








Menunjukkan sikap saling tolong menolong sesama teman ( menolong teman membuat alat transportasi darat dengan melalui media) (NAM)












Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, spidol, arang dan bahan-bahan alam dengan rapi (FISIK MOLUS)





Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM)







Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara
(NAM)





PEMBUKAAN
1.       Kegiatan awal (30 menit)
·      Salam, berdoa, bernyanyi


INTI
2.    Kegiatan Inti  (60 menit)

AREA sains

·      Guru bercakap-cakap tentang "macam-macam buah". Guru bertanya apel itu buah atau sayuran?Apa warna mangga? Apa rasa apel? Siapa yang senang makan apel? dll

Guru menjelaskan dan mengajak anak bereksplorasi dengan media yang ada

Guru menyampaikan kegiatan hari ini dengan mengklasifikasi buah berdasarkan warna/sewarna, pencampuran warna, dan  pembuatan sop buah

AREA SENI

·       Guru membentuk dua kelompok dalam suatu kelas untuk kegiatan menggambar dan mewarnai buah menggunakan pencampuran cat warna

ISTIRAHAT
III. Istirahat  30 menit

Cuci tangan,doa, makan,bermain



PENUTUP
IV. Kegiatan akhir 30 menit

Diskusi kegiatan hari ini
Nyanyi ,doa pulang dan salam


Guru dan anak





Gambar
Anak dan guru



Pencampuran Warna,cat air, Gelas,Sendok, Air

Sop Buah,Air,Gelas/ Mangkok,Sendok
,Susu/Sirup,Gula
,Apel,Anggur
,Mangga,Buah Naga dan nangka


Gambar,cat warna,




Air,sabun,lap tangan
Alat permainan



Guru dan anak
Guru dan anak





Observasi




percakapan





Percakapan dan unnjuk kerja








Pemberian tugas




Unjuk kerja




Percakapan
Unjuk kerja               



                                                            Sentra Sains

Tema/Sub tema : Tanaman/buah
Sentra :Sains
Guru : ...
Judul Kegiatan : 1. Klasifikasi warna buah
                         2. Pencampuran Warna
                         3. Membuat Sop Buah
Hari/Tanggal : selasa/ 29 oktober 2013
Jumlah Siswa : 10 orang
Durasi : ...menit
Usia Siswa : 5-6 Tahun
Pra Pengalaman  : Anak sudah pernah mengenal macam-macam buah
                            Anak sudah pernah mengenal warna
                            Anak sudah pernah mengenal rasa buah
Tujuan Pembelajaran :     Kegiatan 1
                         - Anak dapat mengklasifikasi buah mangga sewarna
                           Kegiatan 2
                         - Anak dapat mencampur warna merah dan kuning,
                           merah dan hijau, hijau dan kuning
                           Kegiatan 3
                         - Anak dapat membuat sop buah
Bahan/Materi dan Persiapan yang dilakukan             :  
©      Kegiatan 1. Bercakap-cakap macam-macam buah
                             - macam-macam buah
                             - Gambar buah-buahan
                               Kegiatan 1. Klasifikasi
                             - warna buah
©      Kegiatan 2. Pencampuran Warna
                             - cat air
                             - Gelas
                             - Sendok
                             - Air
©      Kegiatan 3. Sop Buah
                             - Air
                             - Gelas/ Mangkok
                             - Sendok
                             - Susu/Sirup
                             - Gula
                             - Apel
                             - Anggur
                             - Mangga
                             - Buah Naga dan nangka

J  Pembukaan (...menit) :
  1. Berbaris
  2. Guru mengajak anak melakukan gerak dan lagu "nama-nama rasa"
  3. Guru memberikan salam dan mengajak anak berdoa
  4. Guru menyiapkan semua materi untuk pembelajaran hari ini di sentra sains
 Kegiatan Inti (...menit) :
  1. Guru bercakap-cakap tentang "macam-macam buah". Guru bertanya apel itu buah atau sayuran?Apa warna mangga? Apa rasa apel? Siapa yang senang makan apel? dll
  2. Guru menjelaskan dan mengajak anak bereksplorasi dengan media yang ada
  3. Guru menyampaikan kegiatan hari ini dengan mengklasifikasi buah berdasarkan warna/sewarna, pencampuran warna, dan  pembuatan sop buah
  4. Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan 1, kegiatan 2, dan kegiatan 3
     Langkah-langkah kegiatan

  1. Klasifikasi mangga - Anak mengambil gambar buah sewarna dan dipisahkan menurut warna sejenis
  2. Pencampuran warna - Anak mengambil cat air dan mencampurnya di dalam gelas dengan sendok dan air
  3. Sop buah - Anak mengambil gula dan air, lalu diaduk di dalam gelas/mangkok. Anak memasukkan buah-buahan dan terakhir dimasukkan sirup/susu
  4. Guru menyampaikan aturan dalam melakukan kegiatan 1 klasifikasi buah, kegiatan 2 pencampuran warna, dan kegiatan 3 sop buah. 
  5. Sebelum memulai kegiatan anak membuka password kegiatan dengan melompat di buah warna merah
  6. Anak dapat mengklasifikasi buah berdasarkan warna sejenis, mencampur warna,    dan membuat sop buah.
J  Penutup (...menit)
  1. Kegiatan penutup, anak menyebutkan kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini.
  2. Guru bertanya tentang pengalaman anak selama kegiatan berlangsung.
  3. Guru mengajak anak untuk mencoba pengalaman tersebut di rumah seperti mewarnai gambar buah-buahan dari hasil pencampuran warna dan membuat sop buah
  4. Doa, Salam, Pulang

0 Response to "PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef