Pentingnya Film Animasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini

Pentingnya Film Animasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini
Kerangka Pembahasan :
1.      Menjelaskan hakikat anak usia dini
2.      Menjelaskan karakteristik anak usia dini
3.      Menjelaskan pengertian pendidikan anak usia dini
4.      Menjelaskan hubungan film animasi dengan anak usia dini
5.      Menjelaskan bentuk film animasi yang cocok untuk anak usia dini
6.      Menjelaskan dampak positif menonton film animasi bagi anak usia dini
7.      Menjelaskan bagaimana mengimplementasikan film animasi dalam pembelajaran anak usia dini
8.      Kesimpulan dari kerangka

Pentingnya Film Animasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini
            Anak usia dini menurut National Assosiation Education For Young Children (NAEYC), anak usia dini adalah sekelompok individu yang berada pada rentang usia 0-8 tahun. Anak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembagan dalam aspek fisik, kognitif, sosio emotional, kreativitas, bahasa dan komunikasi khusus sesuai tahapan yang sedang dilalui oleh anak.
            Anak Usia Dini (AUD), berdasarkan pertumbuhan dan perkembangannya dibedakan menjadi empat kelompok , yaitu:
1.      Kelompok bayi : 0-12 bulan
2.      Kelompok bermain: 1-3 tahun
3.      Kelompok pra sekolah :4-5 tahun
4.      Kelompok usia sekolah : 6-8 tahun
Karakteristik anak usia dini menurut Richard D. Kellogh (1996) adalah:
a.       Egosentris
ä  Mementingkan diri sendiri
b.      Memiliki currisity yang tinggi
ä  Anak mengira dunia ini penuh dengan hal-hal yang menarik dan menakjubkan. Bagi anak, apapun yang baru dijumpainya adalah sesuatu yang menakjubkan.
c.       Makhluk sosial
ä  Anak membangun konsep diri melalui interaksi sosial di sekolah
d.      The Unique Person
ä  Setiap anak berbeda, mereka memiliki bawaan,minat, bakatdan latar belakang yang berbeda
e.       Kaya dengan fantasi
ä  Mereka senang dengan hal-hal yang bersifat imajinatif
f.       Daya konsentrasi pendek
ä  Menurut Berg (1988) disebutkan bahwa sepuluh menit adalah waktu yang wajar bagi anak usia dini sekitar lima tahun untuk dapat dan memperhatikan sesuatu dengan nyaman
g.      Masa AUD merupakan masa belajar yang paling potensial, pada masa ini dikenal dengan golden age.

Pendidikan anak usia dini (PAUD)adalah jenjang pendidikan sebelum sebeluum SD yang merupakan pembinaan untuk anak sejalk lahir sampai dengan usia enam tahun melalui rangsangan pendidikan untuk memperrsiapkan pendidikan lebih lanjut.
Sedangkan film animasi adalah berupa film yang berupa cartoon buatan manusia melalui computer. Kadang kala film ini bisa diluar nalar dan dengan tokoh yang tidak diperankan oleh manusia.
Hubungan antara film animasi dengan anak usia dini dapat dilihat dari karakteristik anak usia dini tadi. Memiliki currisity yang tinggi, anak mengira dunia ini penuh dengan hal-hal yang menarik dan menakjubkan. Anak usia dini juga memiliki daya imajinatif yang tinggi, tetapi mereka juga memiliki daya konsentrasi yang sangat sedikit jika mereka duduk dan hanya mendengarkan . biasanya daya konsentrasi anak usia dini yaitu 10-15 menit. Pada umumnya anak AUD itu suka sekali dengan yang berhubungan dengan film animasi yang mereka kenal dengan sebutan film kartun. Sebab film itu menarik minat mereka apalagi yang berhubungan dengan tema binatang dan sesuatu yang ajaib.
Bentuk-bentuk film animasi bagi anak usia dini ini bukanlah fim animasi yang hanya sekedar menghibur, tetapi juga memiliki unsure-unsur pembelajaran seperti dongeng sekar, ayo belajar membaca, ceritadan lagu anak yang berisi nilai-nilai pembelajaran.
Film animasi ini memiliki dampak positif  bagi perkembangan pendidikan anak usia dini, karena bisa meningkatkan daya imajinatif anak, kreatifitasnya, wawasannya, menghilangkan dan kebosanan anak. Anak usia dini audio dan visualnya sangat tinggi, dengan film animasi ini anak usia dini lebih lama mengingatnya ketimbang mereka hanya mendengarkan saja. Contohnya saja film animasi butan jepang ultra man atau power ranger atau pun teletubies. Selesai menonton film itu si anak akan meniru karakter tokoh yang ada dalam film tersebut meskipun film tersebut tidak mengandung pendidikan. Apalagi jika filmnya mengandung unsur pendidikan dan ditiru oleh anak.
Untuk pelaksanaan atau penerapannya harus diterapkan dalam pembelajaran dan tema pemeblajaran. Misalnya tema seni yaitu membuat warna. Cara ini bisa dilakukan ketika sudah selesai menerangkan materi pada anak. Untuk filmnya sendiri, guru tidak usah kawatir karena filmnya bisa dicari di took-toko atau bisa di download (unduh) sendiri melalui you tube.
Jadi, film animasi ini sangat bermanfaat untuk anak. Film animasi ini sebaiknya di tampilkan satu atau dua kali dalam seminggu dengan film yang berbeda. Karena jika filmnya sama tiap minggunya juga bisa menimbulkan kejenuhan pada anak. Anak-anak lebih suka sesuatu yang baru dan variatif. Pada usia 0-6 tahun anak lebih cenderung meniru apa yang dilihat sekaligus yang di dengarnya.


0 Response to "Pentingnya Film Animasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef