Pengertian bahasa
BADUDU: Alat komunikasi
Bromley : komunikasi visual dan oral
Strategi Membelajarkan Anak untuk Menulis
Dilandasi oleh teori perkembangan literasy information
prosesing teori whole language teori socialcultural perspektif.
Literasi dalam pendidikan anak usia dini
•Emergent literasi
•Effect literasi untuk
pengalaman anak:
-anak dapat tahu
huruf dan bunyinya
Perkembangan Menulis
Perkembangan keterampilan menulis
Perkembangan spelling/pengucapan Perkembangan menyusun kata
Perkembangan kalimat dan gramatical roles
Perkembangan meta kognitif dalam proses meta kognitif
Strategi untuk meningkatkan perkembangan kogitif
fungsi Bahasa
Bromley:
Menjelaskan keinginan dan kebutuhan individuMengubah dan mengontrol prilaku
Membantu perkembngan kognitif
Membantu mempererat interaksi dg org lain dn berperan untuk kesuksesan sosialisasi individu
Mengekspresikan keunikan individu
3 tahapan perkembangan bicara anak
Eksternal: terjadi keika
anak berbicara secara eksternal dimana suber berpikir berasal dr luar
anak
Egosentris: anak berbicara sesuai jalan pikirannyaInternal: anak telah memiliki penghayatan penuh terhadap isi pembicaraan
tahapan kemampuan menulis
MORROW 1993
Writing via drawing:menulis dg bentuk gambar
Writing via scribbling: menulis dlm bentuk goresanWriting making letter like forms: menulis dg cara bentuk huruf
Sistem Aturan Bahasa
- Fornologi: bahasa dibentuk dari suara-suara yang dikombinasikan. Fonem : unit terkecil dari bahasa.
- Morfologi:mengacu unit makna yang membentuk kata. Morfem: unit terkecil yang masih memiliki makna yang tidak bisa dibagi lagi seperti suku kata.
- Sintaksis: kata-kata dikombnasikan menjadi frasa dan kalimat yang dimengerti. Semantik: mengacu pada makna kata dan kalimat. Setiap kata memilki sekumpulan makna ex: bisa : racun, mampu)
- Pragmatik: menggunakan percakapan dan pengetahuan yang terkait penggunaan bahasa secara efektif dan konteks
Teori Perolehan Bahasa
- Nativisme-Noam Chomsky (1974): anak sudah punya alat pemerolehan bahasa (language acquistion devise)/LAD sejak lahir
- Behavioristik-B.F Skinner: lingkungan yang menstimulasi pertumbuhan bahasa anak
- Kognitif-jean Piaget/garner/vigotsky(1954): anak baru lahir cenderung aktif berpikir dlm berbahasa. Bahasa dan kognitif saling terkait. Zona actual progsimal development
Tahap-tahap perkembangan Membaca
Cochrane efal dikutip brewer 1992:260. perkembangan membaca
usia 4-6 th :
- 1.Fantasi (magical stage)
- 2.Pembentukan konsep diri (self consept stage)
- 3.Membaca gambar (reading stage)
- 4.Pengenalan bacaan (take off reader stage)
- 5.Membaca lancar (independent stage)
Kemampuan Kesiapan Membaca
Miller (1977:23) sebelum diajarkan membaca perlu diketahui
kesiapan membaca khusus apa yang sebaiknya diajarkan pada anak. kesiapan yang
akan diajarkan:
- 1.Kemampuan membedakan auditorial
- 2.Kemampuan diskriminalisasi visual
- 3.Kemampuan membuat hubungan suara –simbol
- 4.Kemampuan perseptual motoris
Tanda-tanda Kesiapan Membaca
- 1.Apakah anak sudah paham bahasa lisan
- 2.Apakah anak membedakan kata dengan jelas
- 3.Apakah anak sudah dapat mengulang kata-kata
- 4.Apakah anak sudah dapat mengucapkan bunyi2 huruf
- 5.Apakah anak sdh dpt menunjukkan minat baca
- 6.Apakah anak sudah dapat membedakan dengan baik
0 Response to "Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini"
Post a Comment