Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini


Pengertian bahasa 
BADUDU: Alat komunikasi
Bromley : komunikasi visual dan oral

Strategi Membelajarkan Anak untuk Menulis

Dilandasi oleh teori perkembangan literasy information prosesing teori whole language teori socialcultural perspektif.

Literasi dalam pendidikan anak usia dini


Emergent literasi

Effect literasi untuk pengalaman anak:

  -anak dapat tahu huruf dan bunyinya
Perkembangan Menulis
Perkembangan keterampilan menulis
Perkembangan spelling/pengucapan 
Perkembangan menyusun kata
Perkembangan kalimat dan gramatical roles
Perkembangan meta kognitif dalam proses meta kognitif
Strategi untuk meningkatkan perkembangan kogitif
fungsi Bahasa
Bromley:
Menjelaskan keinginan dan kebutuhan individu
Mengubah dan mengontrol prilaku
Membantu perkembngan kognitif
Membantu mempererat interaksi dg org lain dn berperan untuk kesuksesan sosialisasi individu 
Mengekspresikan keunikan individu
3 tahapan perkembangan bicara anak
Eksternal: terjadi keika  anak berbicara secara eksternal dimana suber berpikir berasal dr luar anak
Egosentris: anak berbicara sesuai jalan pikirannya
Internal: anak telah memiliki penghayatan penuh terhadap isi pembicaraan
tahapan kemampuan menulis
MORROW 1993

Writing via drawing:menulis dg bentuk gambar
Writing via scribbling: menulis dlm bentuk goresan
Writing making letter like forms: menulis dg cara bentuk huruf
Sistem Aturan Bahasa
  1. Fornologi: bahasa dibentuk dari suara-suara yang dikombinasikan. Fonem : unit terkecil dari bahasa.
  2. Morfologi:mengacu unit makna yang membentuk kata. Morfem:  unit terkecil yang masih memiliki makna yang tidak bisa dibagi lagi seperti suku kata. 
  3. Sintaksis: kata-kata dikombnasikan menjadi frasa dan kalimat yang dimengerti. Semantik: mengacu pada makna kata dan kalimat. Setiap kata memilki sekumpulan makna ex: bisa : racun, mampu)
  4. Pragmatik: menggunakan percakapan dan pengetahuan yang terkait penggunaan bahasa secara efektif dan konteks
Teori Perolehan Bahasa 
  • Nativisme-Noam Chomsky (1974): anak sudah punya alat pemerolehan bahasa (language acquistion devise)/LAD sejak lahir
  • Behavioristik-B.F Skinner: lingkungan yang menstimulasi pertumbuhan bahasa anak
  • Kognitif-jean Piaget/garner/vigotsky(1954): anak baru lahir cenderung aktif  berpikir dlm berbahasa. Bahasa dan kognitif saling terkait. Zona actual progsimal development
Tahap-tahap perkembangan Membaca
Cochrane efal dikutip brewer 1992:260. perkembangan membaca usia 4-6 th :

  1. 1.Fantasi (magical stage)
  2. 2.Pembentukan konsep diri (self consept stage)
  3. 3.Membaca gambar (reading stage)
  4. 4.Pengenalan bacaan (take off reader stage)
  5. 5.Membaca lancar (independent stage)
Kemampuan Kesiapan Membaca 
Miller (1977:23) sebelum diajarkan membaca perlu diketahui kesiapan membaca khusus apa yang sebaiknya diajarkan pada anak. kesiapan yang akan diajarkan:

  1. 1.Kemampuan membedakan auditorial
  2. 2.Kemampuan diskriminalisasi visual
  3. 3.Kemampuan membuat hubungan suara –simbol
  4. 4.Kemampuan perseptual motoris
Tanda-tanda Kesiapan Membaca
  1. 1.Apakah anak sudah paham bahasa lisan
  2. 2.Apakah anak membedakan kata dengan jelas
  3. 3.Apakah anak sudah dapat mengulang kata-kata
  4. 4.Apakah anak sudah dapat mengucapkan bunyi2 huruf
  5. 5.Apakah anak sdh dpt menunjukkan minat baca
  6. 6.Apakah anak sudah dapat membedakan dengan baik


0 Response to "Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef