RANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF
JUDUL: GEOMETRI BERGAMBAR
ALAT DAN BAHAN:
© Karton
manila
© Klir/krayon
© Pensil
© Penghapus
© Kardus
bekas
© Lem/doble
tip
© Pisau
© Sterofom
© Rol/penggaris
CARA PEMBUATAN:
1. Gambar
segitiga di atas kardus bekas dengan ukuran: 8x6, 9x7.5, 10x10
2. Gambar
persegi atas kardus bekas dengan ukuran
: 8x8, 9x9, 10x10
3. Gambar
persegi panjang atas kardus bekas dengan ukuran: 5x9, 6x10, 8x12
4. Potong
kardus sesuai gambar atau pola yang dikardus
5. Potong
karton manila sesuai dengan pola-pola tadi
6. Gambarlah
gambar sesuai urutan yang diinginkan atau tema, misalnya tema binatang, pada
segitiga ukuran terkecil saya memnggambar telur, pada gambar ke dua saya gambar
anak ayam, dan yang terbesar saya gambar induk ayam.
7. Lalu
gambar diberi warna
8. Tempelkan
gambar pada kardus bekas yang telah dipotong
9. Tempelkan
doble tip pada belakang kardus bekas yang sudah ditempel gambar
10. Setelah
itu tempelkan gambar ke sterofom sesuai urutannya.
11. Selain
tiga pola diatas, bisa juga membuat pola lain seperti, lingkaran, jajar
genjang, segi lima dan lain-lain.
PEMANFAATAN MEDIA:
1. Anak
satu persatu disuruh mengambil gambar
2. Kemudian
anak disuruh mengumpulkan bentuk geometri yang sama
3. Selanjutnya
anak disuruh mengurutkan gambar dari yang kecil ke yang besar
4. Lalu
anak disuruh menempelkan ke sterofom sesuai urutan
5. Terakhir
anak disuruh menceritakan apa yang dilihatnya dari gambar tersebut,,
ASPEK YANG DIKEMBANGKAN:
1. Mengembangkan
aspek kognitif anak, dimana anak berpikir tentang bagaimana caranya mengurutkan
gamabar dari yang kecil ke yang besar, memilih gambar yang sama bentuk dan
mengimajinasukannya dalam bentuk cerita atas apa yang di lihatnya dalam gambar
tersebut.
2. Memgembangkan
psikomotor dan motorik kasar anak karena anak lebih banyak bergerak
3. Mengembangkan
keterampilan yang menekankan pada pentingnya anak bekerja dalam pengawasan
4. Mengembangkan
tingkat imajinasi anak
0 Response to "RANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF"
Post a Comment