Manusia Makhluk sosia
ÒManusia membutuhkan
manusia lain (zoon politicon)
ÒTrilogi pendidikan:
informal,formal dan non formal
ÒManusia memiliki
perbedaan dg manusia lainnya. Dr segi : sosial, motivasi, bakat, emosi, minat.
ÒAspek yg perlu di
kembangkan adlh aspek sosial.
ÒPerkembangan sosial
individu: pola tingkah laku yang perkembangannya teratur dimana setiap individu
sama.
Kompetensi Sosial
ÒSUMARDI:
Kemampuan sosial: kemampuan seseorang utk saling
berinteraksi, komunikasi, bergaul, bekerja sama dan memberi kepada orang lain.
ÒSikap sosial: kesadaran
seseorang dalam berprilaku dalam lingkungannya
ÒKeluarga yang dapat
mengembangkan pertama dalam perkembangan aspek sosial anak
ÒBerikan anak kesempatan
bermain agar anak bersosialisasi krn bermain merupakan kebutuhan anak.
ÒHarlock: belajar yang
paling efektif adlah melalui bermain, akan berkembang kognitif ana, bahasa,
sosem, motorik, seni, kemanidrian dan anak mengenal lingkungan melalui bermain.
ÒGardner: Sebagai social
intelegency atau kecerdasan sosial dimana merupakan salah satu multiple
intelegency
ÒVaugh dan watersL
kemampuan anak untuk mengejak maupun merespon perasaan positif, tertarik untuk
berteman dg sebaya serta diperhatikan dg baik oleh mereka, dpt memimpin juga
mengikuti, mempertahankan sikap memberi dan menerima dalam berinteraksi dg
temannya.
ÒMembantu anak dlm
mengembangkan kemampuannya utk mendapatkan informasi, membuat keputusan baik
untuk dirinya sendiri atau org lain
ÒBerpikir kritis,
rasional, kreatif dalm menanggapi isu kewarganegaraan
ÒMengenal konsep2 yang
berkaitan dg kehidupan masyarakat dan lingkungannya
Ò memiliki kemampuan
dasar utk berpikir ligis dan kritis, rasa ingin tahu , inkuiri, memecahkan
masalah dan keterampilan dalam kehidupan sosial
ÒMemiliki kesadaran
terhadap nilai sosial dan kemanusiaan
ÒMemiliki kekampuan
komunikasi bekerja sama dalam masyarakat
karakteristik perkembangan sosial anak usia 4-5 th
ÒDapat bermain sedikitnya
satu permainan di atas meja dengan pengawasan orang dewasa
ÒDapat menunggu giliran
dalam bermain tanpa pengawasan
ÒDapat mempertunjukkan
suruhan sederhana
ÒTidak mengganggu teman
dengan sengaja
ÒDapat memilih kegiatan
sendiri
Karakteritik perkembangan sosial anak usia 5-6 th
ÒDapat bermain 2-3
permainan di atas meja
ÒDapat bermain bersama dg
2 atau 3 anak sedikitnya 20 menit
ÒSenang menyelesaikan
pekerjaan yang dipilihkan dengan giat
ÒIngin mengerjakan
sesuatu sendiri
ÒDapat bermain pura-pura
ttg profesi tertentu
Lingkungan Sosial Budaya Anak di Era Teknologi
ÒLingkungan sosial budaya
: hubungan timbal balik atau interaksi antara masyarakat dg lingkungan
ÒSosial budaya anak di
era teknologi
ÒPendidikan multikultural
ÒMerupakan suatu
rangkaian kepercayaan dan penjelasan yg mengakui dan menilai pentingnya
keragaman budaya, etnis dalam betuk gaya hidup pengalaman sosial, identitas
sosial, identitas priadi, kesempatan pendidikan
dampak teknologi bagi perkembangan anak
ÒMenjauhi pergaulan
secara langsung
ÒKurang empati
ÒAntipati lingkungan
ÒPrilaku konsumtif
ÒKrisis akhlak dan moral
Pentingnya Multikultural Sosial Anak
ÒUntuk mengenalkan bahwa
manusia berada dalam suatu lingkungan budaya yg berbeda-beda
ÒUntuk menciptakan
konteks sosio politik yg memungkinkan individu dapat mengembangkan identitas yg
sehat dan secara timbal balik mengembangkan sikap positif antar kelompok
ÒUntuk mengembangkan
sikap pengetahuan dan keterampilan yg memungkinkan anak bekerja bagi keadilan
sosial
ÒMembantu anak menyadari
keragaman dan perbedaan budaya sehingga anak dapat menghargai berada
dilingkungan yang multibudaya
A. Pengertian
karakter
Karakter adalah kualitas mental dan moral, kekuatan moral nama,
atau reputasi serta mengacu pada serangkaian sikap prilaku,motivasi dan
keterampilan.
B. Karakter Anak usia Dini
4 pendekatan:
1.Ethical
sensitive : Perepsi moral dan situasi sosial, termasuk kemampuan utk
mempertimbangkan kemungkinan dan reaksi mereka dlm hal org2 terlibat
2.Etichal
judgement (etis pengadilan): Pertimbangan kemungkinan alternatif tindakan dlm
alasan utk memilih satu / lebih sbg yg terbaik
3.Ethical
motivation: pemilihan nilai2 moral yg paling relevan dlm situasi dan komitmen
utk bertindak pd seleksi
4.Ethical
action: kekuatan ego dikombinasikan dg psikologis dan keterampilan sosial yg
diperlukan utk melaksanakan alternatif yang dipilih
Tahapan Pembentukan Karakteristik
ÒMenstimulasi rasa
keindahan (tahap estetis)
ÒPembelajaran memalui
teladan pembiasaan
ÒPembelajaran melalui
pembeiasaan
ÒTahap pembinaan
pengetahuan
Upaya Membangun Karakter Anak
ÒMemperlakukan anak
sesuai karakteristik anak
ÒMemenuhi kebutuhan dasar
anak antara lain kebutuhan kasih sayang, pemberian makan yang bergizi
ÒPola pendidikan guru
dengan orangtua yg dilaksanakan baik dirumah dan disekolah saling keterkaitan
ÒBerikan dukungan dan
penghargaan ketika anak menampilkan tingkah laku yang terpuji
ÒBerikan fasilitas
lingkungan yg sesuai dg usia perkembangannya
ÒBersikap tegas,
konsisten, dan bertanggung jawab
Teori Belajar AUD
ÒTeori behaviorisme:
respon seseorg trhdp stimulus baik itu dr individu atau luar individu akan
lebih baik disediakan reward dan inforcement hingga terbentuk inside(pemahaman)
.Reward terbagi 2: psikologis dan material
ÒTeori konstruktivisme
karakteristik Anak Usia Dini
ÒUnik
ÒEgosentris
ÒRasa ingin tahu yang
tinggi
ÒSuka berimajinasi
ÒKonsentrasi anak pendek
klasifikasi pendidikan karakter
ÒUmur 5-6 th
ÒUmur 7-8 th
ÒUmur 9-10 th
ÒUmur 13 th ke atas
Usaha Guru dalam Mengembangkan kemampuan sosial
ÒMenyediakan sudut
berhias bg anak
ÒBagai anak berusia 3 th
ÒMenggunakan suatu modal
teknik utk modal teknik yg sesuaii dalam memasuki suatu kelompok bermain
ÒMendorong anak membuat
keputusan sebanyak mungkin
ÒModel empati dan peduli
prilaku serta mendorong ana2 melakukan perilaku ini
ÒBermain peran merupakan
solusi memecahkan masalah dlm interaksi sosial
Pendekatan Konstruktivis Sosial untuk Membimbing Prilaku
ÒPendekatan kontruktivis
sosial menekankan konteks sosial dr pembelajaran bahwa pengetahuan itu di
konstruksikan bersama yg dipengaruhi oleh teori perkembangan kognitif, bahwa
pengetahuan itu dipengaruhi situasi yg bersifat kolaboratif
Teori Ekologi
ÒTeori ekologi di
kembangkan oleh Urie Bronfenbrenner (1917)-> fokus utama : pada konteks
sosial di mana anak tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan
anak.
Implikasi dari teori ekologi dalam mendidik anak
ÒPandanglah anak sebagai
sosok yang terlibat dalam berbagai sistem lingkungan dan dipengaruhi oleh
sistem-sistem itu.
ÒJalin hubungan sekolah
dg masyarakat baik melalui saluran formal dan informal
ÒSadari arti penting
komunitas,status sosio ekonomidan kultur dalam perkembangan anak karena konteks
yg sangat luas ini mempengaruhi perkembangan anak
ÒSebaiknya pembelajaran
itu tdk hrs di dlm kelas bisa jg di luar kelas
ÒGuru mengajarkan akan
pentingnya lingkungan
ÒGuru memberikan
pelajaran akan pengaruh lingkungan thd stp org. Implikasi teori perkembangan yg
berorientasi pd psikodinamika
ÒGuru hrs menyadari klu
stp siswa memiliki kemmpuan yg berbeda beda dlm menerima pelajaran
ÒGuru mengajarkan kpd
anak dlm mengenal kepribadian mereka shga dpt membantu mereka nanti
ÒGuru menjelaskan kpd
siswa ttg perkembangan yg sdg mereka alami
kecerdasan intra personal
ÒCara kembangkan:
memahami keunikan diri sendiri
ÒBangun harga diri
ÒMengendalikan emosi
Menggapai
cita2
Kecerdasan Interpersonal
ÒMemahami org lain
ÒCiri:
ÒAnak cepat respon main
dg teman sebaya
ÒAnak sering terlihat
memimpin utk teman
ÒAnaksenang tawarkan
bantuan untuk mengajari suatu hal yg dia ketahui
ÒAnak memiliki empati dan
simpati yg besar pd orla
Teori Psikologi
Berkaitan dg prinsip2
perkembangan psikologi dan sosial. Teori ini merupakan bentuk pengembangan dari
teori psikoseksual yang dicetuskan oleh sigmund freud.
yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sosial anak
ÒBeroientasi perkembangan
anak
ÒBerdasarkan minat anak
ÒDapat mengembangkan
berbagai imajinasi anak
ÒBerkaitan dg pengalaman
nyata anak: 4 hal dalam memilih materi yg perlu dipertimbangkan:
1. dekat dengan lingkungan
2.Kemenarikan bg anak
3.Bermakna bagi anak
4.keinsidentalan
0 Response to "PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK"
Post a Comment