Project :
menghasilkan sesuatu
Sintaksis:
pertanyaan menantang, merencanakan, menyusun jadwal aktivitas, mengawasi,
penilaian dan evaluasi.
Model PJBL: anak
yang mengeluarkan ide pembelajaran
Metode proyek:
guru yang memberi ide/design pembelajaran
Project based
learning : siswa kreative, mandiri,karya,kritis-geerasi peradaban masa depa,
keterampilan proses, dan hasil
Anak zaman now
berpikir melebihi usianya
4C: critical
thingking, creativity,collaboration, communication
Fungsi guru:
fasilitator
Penilaiannya:
proses dan hasil
Jika anak tidak
selesai dalam proyeknya, komunikasikan dengan anak
Model Pembelajaran Discovery Learning
Yaitu anak belajar dengan cara menemukan
sesuatu. Cocok untuk sains dan matematika karena anak dituntut untuk berpikir
kritis.
Student learning center.
Tujuan model ini untuk menciptakan
genersi yang berpikir kritis dan keilmuan.
Teori edgar dale : keruncut pengalaman:
menyatakan bahwa semakin org belajar dan melrasakan lgsg proses itu terjadi
maka makin tinggilah bekasnya.
Menemukan sesuatu yang belum pernah
diketahui
Model Pembelajaran Highscope
Model pembelajaran yang
mengembangkan aktivitas akademik dan non akademik.
Active learning:
mempunyai inisisativ,berkembang dg hebat,
Pembelajarannya:
adult child interaction, learning experience, daily routine, assessment
Mirip dg project
based learning.
Lima unsur:
belajar aktif, kurikulum
Model CTL
Belajar nyata,
fakta.
Misalnya utk
mengajarkan berenang anak di bawa ke kolam berenang.
Jika mau
mengajarkan berkebun maka bawa anak ke kebun langsung.
Perbanyak
aktivitas luar.
Aliran
behavioristik-kognitivisme-konstruktivisme
Behavioristik:
membangun pengetahuan melalui stimulasi
Kognitivisme:
membangun pengalaman baru dg memperbarui pengalaman lama
Konstruktivisme:
membangun pengetahuan dr pengalaman nyata
CTL: anak
membangun pengetahuan dg penaglaman yg udah ada.
Model Problem Based Learning (PBL)
Pembelajaran
yang memberikan masalah pada anak untuk diselesaikan dan diatasi oleh anak.
Menajadikan
anak berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah.
Saintifik
Merupakan
settingan k13. Tanpa adanya kerja sama atau uji publik dg perguruan tinggi. Saintifik
ini bukanlah model, tapi pendekatan.
Tantangan
abad 21: 4C
1.
Critis
2.
Collaborative
3.
Communikative
4.
Creative
0 Response to "RINGKASAN MATERI KULIAH MOEDL-MODEL PEMBELAJARAN"
Post a Comment