RINGKASAN MATERI KULIAH MOEDL-MODEL PEMBELAJARAN


Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL)
Project : menghasilkan sesuatu
Sintaksis: pertanyaan menantang, merencanakan, menyusun jadwal aktivitas, mengawasi, penilaian dan evaluasi.
Model PJBL: anak yang mengeluarkan ide pembelajaran
Metode proyek: guru yang memberi ide/design pembelajaran
Project based learning : siswa kreative, mandiri,karya,kritis-geerasi peradaban masa depa, keterampilan proses, dan hasil
Anak zaman now berpikir melebihi usianya
4C: critical thingking, creativity,collaboration, communication
Fungsi guru: fasilitator
Penilaiannya: proses dan hasil
Jika anak tidak selesai dalam proyeknya, komunikasikan dengan anak

Model Pembelajaran Discovery Learning

Yaitu anak belajar dengan cara menemukan sesuatu. Cocok untuk sains dan matematika karena anak dituntut untuk berpikir kritis.
Student learning center.
Tujuan model ini untuk menciptakan genersi yang berpikir kritis dan keilmuan.
Teori edgar dale : keruncut pengalaman: menyatakan bahwa semakin org belajar dan melrasakan lgsg proses itu terjadi maka makin tinggilah bekasnya.

Menemukan sesuatu yang belum pernah diketahui

Model Pembelajaran Highscope

            Model pembelajaran yang mengembangkan aktivitas akademik dan non akademik.
Active learning: mempunyai inisisativ,berkembang dg hebat,
Pembelajarannya: adult child interaction, learning experience, daily routine, assessment

Mirip dg project based learning.

Lima unsur: belajar aktif, kurikulum

Model CTL
Belajar nyata, fakta.
Misalnya utk mengajarkan berenang anak di bawa ke kolam berenang.
Jika mau mengajarkan berkebun maka bawa anak ke kebun langsung.
Perbanyak aktivitas luar.

Aliran behavioristik-kognitivisme-konstruktivisme
Behavioristik: membangun pengetahuan melalui stimulasi
Kognitivisme: membangun pengalaman baru dg memperbarui pengalaman lama
Konstruktivisme: membangun pengetahuan dr pengalaman nyata

CTL: anak membangun pengetahuan dg penaglaman yg udah ada.

Model Problem Based Learning (PBL)

Pembelajaran yang memberikan masalah pada anak untuk diselesaikan dan diatasi oleh anak.
Menajadikan anak berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah.

Saintifik

Merupakan settingan k13. Tanpa adanya kerja sama atau uji publik dg perguruan tinggi. Saintifik ini bukanlah model, tapi pendekatan.

Tantangan abad 21: 4C
1.      Critis
2.      Collaborative
3.      Communikative
4.      Creative

0 Response to "RINGKASAN MATERI KULIAH MOEDL-MODEL PEMBELAJARAN"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef