berbagai macam sumber belajar peserta didik

BERBAGAI MACAM SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK
            Sumber belajar secara sempit ialah buku-buku dan elektonik lainnya.Secara luasnya, Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Pusat sumber belajar adalah suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/Universitas/Perusahaan) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi layanan (seperti layanan media, pelatihan, konsultasi pembelajaran, dll), fungsi pengadaan/pengembangan (produksi) media pembelajaran, fungsi penelitian dan pengembangan, dan fungsi lain yang relevan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Peran pusat sumber belajar yaitu menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang diinginkan pada bidang studi atau mata pelajaran yang dipelajarinya. Oleh karena itu sumber belajar yang beraneka ragam, diantaranya berupa bahan (media) pembelajaran memberikan pembangunan yang positif dalam peningkatan mutu pendidikan dan mutu pembelajaran.
            Dalam bahan ajar (2004:118) diklasifikasikan beberapa jenis-jenis sumber belajar, yaitu:
Jenis sumber belajar
Pengertian
Contoh
Pesan (message)
Informasi yang harus disalurkan oleh kompononen lain berbentuk ide, fakta, pengertian data
Bahan-bahan pelajaran
Cerita rakyat, dongeng, nasehat
Manusia (people)
Orang yang menyimpan informasi atau menyalurkan informasi, tidak termasuk yang menjalankan informasi pengembangan dan pengelolaan sumber belajar
Guru, actor, siswa, pembicara, pemain, tidak termasuk teknisi dan tim kurikulum
Nara sumber, pemuka masyarakat, pemimpin kantor, responden
Bahan (materials)
Sesuatu yang biasa disebut media/software, yang mengandung pesan untuk disajikanmelalui pemakaian alat
Transparansi, films,slides, tape, buku, gambar, dll.
Relief, candi, peralatan teknik
Peralatan (device)
Sesuatu, biasa disebut media/software yang menyalurkan pesan untuk disajikan yang ada didalam software.
OHP, proyektor, slide,film, tv, kamera, papan tulis
Generator, mesin, alat-alat mobil
Teknik/metode (technique)
Prosedur yang digunakan dalam mempergunakan bahan pembelajaran, peralatan, situasi, dan orang untuk menyampaikan pesan
Ceramah, diskusi, sosiodrama, simulasi, kuliah, belajar sendiri.
Permainan, sarase-han, percakapan biasa/spontan
Lingkungan (setting)
Situasi sekitar dimana pesan disalurkan
Ruangan kelas, radio, perpustakaan, audiotorium, aula, labor
Taman, kebun, pasar, museum, toko

a. Tempat Sumber Belajar Alamiah
Sumber belajar dapat berupa tempat yang sebenarnya dimana anak  mendapatkan informasi langsung, seperti kantor pos, kantor polisi,pemadam kebakaran, sawah, peternakan, hutan, perkapalan, atau lapangan udara. Tempat-tempat tersebut mampu memberikan
informasi secara langsung dan alamiah. Anak dapat mengajukan
berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan segala macam kegiatan di setiap tempat tersebut.
Karyawisata juga dapat digunakan sebagai sumber belajar. Pada kegiatan tersebut peserta didik dapat meneliti suatu obyek yang nantinya ditindaklanjuti oleh pendidik dengan memperkenankan dan   menciptakan suatu bentuk permainan di dalam kelas. Karyawisata
sebagai salah satu sumber inspirasi diperkenalkan oleh Marjorie J.
    Kostelnik pada tahan 1993, seorang profesor dalam Family and Child Ecology (Michigan State University) dan juga sebagai supervisor progam Child Development Laboratories.
Pimpinan sekolah maupun guru harus menjamin keselamatan anak,  sehingga diperlukan adanya suatu peraturan yang berisi tentang ketentuan bahwa karyawisata hanya dapat dilaksanakan apabila perbandingan antara orang tua dan anak adalah 1:5, maksudnya
lima anak dibawah pengawasan satu orang dewasa.

b. Perpustakaan
Berbagai ensiklopedi, buku-buku dengan beragam tema dapat dikumpulkan dan ditata rapi di ruang perpustakaan. Perpustakaan memiliki fungsi sebagai "jantung sekolah", karena di dalamnya berisi berbagai informasi yang dapat membantu setiap orang yang menggunakannya untuk mengembangkan diri.    
Membaca tentang berbagai informasi juga penting dalam menyesuaikan diri di setiap suasana, yang pastinya berbeda secara struktur maupun strata sosial ekonomi. Penyesuaian diri ini penting karena seringkah terasa adanya perbedaan status sosial ekonomi antara murid           dan guru. Murid yang memiliki orang tua dengan tingkat ekonomi yang relatif mapan terkadang menjadikan anaknya (murid) memiliki pengalaman yang lebih dibanding sang guru dalam hal-hal tertentu,misalnya tentang internet, E-mail, dan sejenisnya. Kondisi tersebut tidak jarang menyebabkan pergesekan yang berkepanjangan. Untuk menghindari pergesekan antara murid dan guru karena faktor-faktor tersebut, maka sebaiknya tenaga pendidik tiada bosan untuk terus menggali informasi dan pengetahuan. Akan lebih baik bila sedikit demi sedikit guru juga menguasai bahasa asing. Perpustakaan yang memiliki ukuran relatif lebih luas dan besar, sebaiknya memiliki sistem pengembalian buku dari rak. Misalnya menggunakan pembatas buku yang besar, apabila anak-anak masihdalam taraf memilih buku. Yang dimaksudkan adalah ketika si anak belum pasti meminjam buku, ia sudah dapat mengembalikan buku pada tempatnya karena diberi pembatas yang besar, yang memudahkan mereka.

Pustakawan atau petugas perpustakaan bertanggung jawab untuk merawat buku-buku tersebut. Pemberian sampul plastik akan mencegah rusaknya buku yang sebagian besar halaman mukanya terbuat dari kertas tipis dan bukan terbuat dari kertas tebal.



c. Nara Sumber
na·ra·sum·ber n orang yg memberi (mengetahui secara jelas atau menjadi sumber) informasi; informan: penduduk asli pulau itu dapat menjadi -- dl penelitian bahasa daerah setempat
Para tokoh dan ahli di berbagai bidang merupakan salah satu sumber belajar yang dapat diandalkan karena biasanya mereka memberikan informasi berdasarkan penelitian dan pengalaman mereka. Dengan demikian diharapkan para murid dapat melatih kemahiran mereka dalam berbahasa melalui wawancara dan berkomunikasi dengan para nara sumber.


SUMBER:
Tim penyusun.2004.bahan ajar belajar dan pembelajaran. Padang:FIP UNP
Zaman,badre. -.media dan sumber belajar di tk.jakarta:UT

http://kamus.sabda.org/kamus/narasumber

0 Response to "berbagai macam sumber belajar peserta didik"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef