resume sumber belajar

SUMBER BELAJAR
1.      PENGERTIAN SUMBER BELAJAR
Apakah sumber belajar itu? Bagi seorang pendidik ia perlu mengetahui apa itu sumber belajar.
Dalam Ellyawati (2005) dijelaskan beberapa pengertian sumber belajar yaitu:

A.    Pengertian secara sempit
Sumber belajar adalah semua sarana pengejaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat didengar maupun dilihat seperti, buku-buku atau bahan cetak lain, radio, tv dan lain-lain.

B.     Pengertian secara luas
a.       Torkleson (1965)
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dipergunakan untuk kepentingan pembelajaran
b.      Nana sudjana (1997)
Sumber belajar adalah segala daya yang dapat digunakan untuk kemudahan belajar.
c.       AECT (1977)
Sumber belajar adalah segala sesuatu berupa pesan, manusia, material, hardware, metode, dan lingkungan yang dikombinasikan untuk memfasilitasi terjadinya kegiatan belajar.

2.      FUNGSI SUMBER BELAJAR
a.       Meningkatkan produktivitas pendidikan. Siswa belajar tidak hanya mendapat dari satu sumber saja yaitu guru, tapi juga bisa dari media lainnya.
b.      Memberi kemungkinan terjadinya pembelajaran yang sifatnya individual. Murid dapat belajar dari modul, kaset dan lainnya.
c.       Memberi dasar yang sifatnya lebih ilmiah, seperti: perencanaan program pembelajaran dapat dibuat lebih sistematis dan guru dapat mengembangkan bahan pembelajaran melalui penelitian.
d.      Lebih memantapkan pembelajaran. Dengan menggunakan berbagai jenis sumber belajar lebih memantapkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran .
e.       Memungkinkan belajar secara seketika. Sumebr belajar dapat memberikan pengalaman langsung pada siswa.
f.       Memungkinkan penyajian untuk jangkauan lebih luas untuk objek atau peristiwa penyajian untuk sesuatu yang sulit dijangkau oleh indra kita.
g.      Memberikan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat,buku,narasumber dan semua hal yang menambah pengetahuan anak.
h.      Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa yaitu dengan berkomunikasi dengan nara sumber.
i.        Sarana mengembangkan keterampilan memproseskan perolehan,
j.        Mengeratkan hubungan antara siswa dengan lingkungan,
k.      Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa,
l.        Membuat proses belajar-mengajar lebih bermakna.


3.      KARAKTERISTIK SUMBER BELAJAR

Segala sesuatu yang dapat dijadikan sumber belajar dan memiliki ilmu pengetahuan merupakan ciri-ciri sumber belajar. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar.

·         Pada prinsipnya,bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan anak terkait dengan situasi pengalaman langsung,atraktif dan berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak, bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak.


Daftar pustaka:

Eliyawati, Cucu. 2008. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Penyusun.2004. Belajar dan Pembelajaran. Padang :FIP UNP






0 Response to "resume sumber belajar"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef