SUMBER BELAJAR
1. PENGERTIAN SUMBER BELAJAR
Apakah
sumber belajar itu? Bagi seorang pendidik ia perlu mengetahui apa itu sumber
belajar.
Dalam
Ellyawati (2005) dijelaskan beberapa pengertian sumber belajar yaitu:
A. Pengertian
secara sempit
Sumber belajar adalah semua sarana
pengejaran yang dapat menyajikan pesan yang dapat didengar maupun dilihat
seperti, buku-buku atau bahan cetak lain, radio, tv dan lain-lain.
B. Pengertian
secara luas
a. Torkleson
(1965)
Sumber belajar adalah segala sesuatu
yang dipergunakan untuk kepentingan pembelajaran
b. Nana
sudjana (1997)
Sumber belajar adalah segala daya yang
dapat digunakan untuk kemudahan belajar.
c. AECT
(1977)
Sumber belajar adalah segala sesuatu berupa pesan,
manusia, material, hardware, metode, dan lingkungan yang dikombinasikan untuk
memfasilitasi terjadinya kegiatan belajar.
2. FUNGSI SUMBER BELAJAR
a. Meningkatkan
produktivitas pendidikan. Siswa belajar tidak hanya mendapat dari satu sumber
saja yaitu guru, tapi juga bisa dari media lainnya.
b. Memberi
kemungkinan terjadinya pembelajaran yang sifatnya individual. Murid dapat
belajar dari modul, kaset dan lainnya.
c. Memberi
dasar yang sifatnya lebih ilmiah, seperti: perencanaan program pembelajaran
dapat dibuat lebih sistematis dan guru dapat mengembangkan bahan pembelajaran
melalui penelitian.
d. Lebih
memantapkan pembelajaran. Dengan menggunakan berbagai jenis sumber belajar
lebih memantapkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran .
e. Memungkinkan
belajar secara seketika. Sumebr belajar dapat memberikan pengalaman langsung
pada siswa.
f. Memungkinkan
penyajian untuk jangkauan lebih luas untuk objek atau peristiwa penyajian untuk
sesuatu yang sulit dijangkau oleh indra kita.
g.
Memberikan kesempatan untuk mendapat pengetahuan dan
memperkaya anak dengan menggunakan berbagai alat,buku,narasumber dan semua hal
yang menambah pengetahuan anak.
h.
Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa yaitu
dengan berkomunikasi dengan nara sumber.
i.
Sarana mengembangkan keterampilan memproseskan
perolehan,
j.
Mengeratkan hubungan antara siswa dengan lingkungan,
k.
Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan siswa,
l.
Membuat proses belajar-mengajar lebih bermakna.
3. KARAKTERISTIK SUMBER BELAJAR
Segala sesuatu yang dapat dijadikan sumber belajar
dan memiliki ilmu pengetahuan merupakan ciri-ciri sumber belajar. Sumber
belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar.
· Pada prinsipnya,bahan ajar yang dipandang cocok bagi anak TK adalah yang
sederhana,konkret,sesuai dengan dunia kehidupan anak terkait dengan situasi
pengalaman langsung,atraktif dan berwarna,mengundang rasa ingin tahu anak,
bermanfaat dan terkait dengan kegiatan bermain anak.
Daftar
pustaka:
0 Response to "resume sumber belajar"
Post a Comment