Resume STRATEGI PEMBELAJARAN DITINJAU DARI BERBAGAI ASPEK PEMBELAJARAN

1.      Berorientasi pada Perkembangan Anak
Program pembelajaran dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembnagkan potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepda Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kreatif , bertanggung jawab serta menjadi warga negara yang demokratis.
Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak merupakan individu yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan secara individual. Dengan demikian dalam kegiatan yang disiapkan perlu memperhatikan cara belajar anak yang dimulai dari cara sederhana ke rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke verbal, dan dari ke-aku-an ke rasa sosial.
                                    
2.      Berorientasi pada Kebutuhan Anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis, yaitu intelektual, bahasa, motorik, dan sosio emosional. Dengan demikian, berbagai jenis kegiatan pembelajaran hendaknya dilakukan berdasarkan pada perkembangan dan kebutuhan masing-masing  anak.

3.      Bermain sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
Bermain merupakan prinsip pembelajaran di PAUD. Kegiatan pembelajaran yang telah disiapkan oleh pendidik hendaknya dilakukan dengan situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi,metode, materi dan media yang menarik serta mudah diikuti oleh anak. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi untuk mengenal lingkungan sekitar, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi anak. Ketika bermain anak memperoleh pengalaman sehingga anak akan dapat membangun pengertian/pemahaman tentang hal-hal yang dialaminya

4.      Menggunakan Pendekatan Tematik
Pembelajaran tematik adalah salah satu pembelajaran terpadu saat ini. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan pendekatan tematik. Tema sebagai wadah mengenal berbagai konsep untuk mengenal dirinya dan lingkungan sekitarnya. Tema dipilih berdasarkan hal-hal yang dekat dengan anak, sederhana dan menarik. Pembelajaran ini dapat membantu siswa dari kelas rendah yang berpikir holistic(menyeluruh). Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema  untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga memberikan pengalaman bermakna bagi anak.
Pembelajaran di PAUD hendaknya menempatkan anak sebagai subyek pendidikan. Oleh karena itu, semua kegiatan pembelajran diarahkan atau berpusat pada anak. Dalam pembelajaran berpusat pada anak, anak diberi kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat dan aktif melakukan atau mengalami sesndiri. Pendidik bertindak sebagai pembimbing atau fasilitator.









SUMBER MATERI
Kurikulum tk, Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di TK. Kementrian Pendidikan Nasional. Direktorat jendral manajemen pendidikan dasar dan menengah.direktorat pembinaan tk dan sd tahun 2010

Trianto. Desain pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & anak Usia                   Kelas Awal SD/MI

0 Response to "Resume STRATEGI PEMBELAJARAN DITINJAU DARI BERBAGAI ASPEK PEMBELAJARAN"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef