1.
Berorientasi
pada Perkembangan Anak
Program pembelajaran dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa
peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembnagkan potensinya agar
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepda Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap dan kreatif , bertanggung jawab serta menjadi
warga negara yang demokratis.
Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu memberikan
kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak merupakan individu
yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan secara individual. Dengan
demikian dalam kegiatan yang disiapkan perlu memperhatikan cara belajar anak
yang dimulai dari cara sederhana ke rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke
verbal, dan dari ke-aku-an ke rasa sosial.
2.
Berorientasi
pada Kebutuhan Anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus senantiasa
berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak usia dini adalah anak yang sedang
membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek
perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis, yaitu intelektual, bahasa,
motorik, dan sosio emosional. Dengan demikian, berbagai jenis kegiatan pembelajaran
hendaknya dilakukan berdasarkan pada perkembangan dan kebutuhan
masing-masing anak.
3.
Bermain
sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
Bermain merupakan prinsip pembelajaran di PAUD. Kegiatan
pembelajaran yang telah disiapkan oleh pendidik hendaknya dilakukan dengan
situasi yang menyenangkan dengan menggunakan strategi,metode, materi dan media
yang menarik serta mudah diikuti oleh anak. Melalui bermain anak diajak untuk
bereksplorasi untuk mengenal lingkungan sekitar, menemukan dan memanfaatkan
objek-objek yang dekat dengan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi
anak. Ketika bermain anak memperoleh pengalaman sehingga anak akan dapat
membangun pengertian/pemahaman tentang hal-hal yang dialaminya
4. Menggunakan Pendekatan Tematik
Pembelajaran
tematik adalah salah satu pembelajaran terpadu saat ini. Kegiatan pembelajaran
dirancang dengan pendekatan tematik. Tema sebagai wadah mengenal berbagai
konsep untuk mengenal dirinya dan lingkungan sekitarnya. Tema dipilih
berdasarkan hal-hal yang dekat dengan anak, sederhana dan menarik. Pembelajaran
ini dapat membantu siswa dari kelas rendah yang berpikir holistic(menyeluruh).
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran
sehingga memberikan pengalaman bermakna bagi anak.
Pembelajaran di PAUD hendaknya menempatkan anak sebagai
subyek pendidikan. Oleh karena itu, semua kegiatan pembelajran diarahkan atau
berpusat pada anak. Dalam pembelajaran berpusat pada anak, anak diberi
kesempatan untuk menentukan pilihan, mengemukakan pendapat dan aktif melakukan
atau mengalami sesndiri. Pendidik bertindak sebagai pembimbing atau fasilitator.
SUMBER
MATERI
Kurikulum
tk, Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di TK. Kementrian Pendidikan
Nasional. Direktorat jendral manajemen pendidikan dasar dan menengah.direktorat
pembinaan tk dan sd tahun 2010
Trianto.
Desain pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & anak
Usia Kelas Awal SD/MI
0 Response to "Resume STRATEGI PEMBELAJARAN DITINJAU DARI BERBAGAI ASPEK PEMBELAJARAN"
Post a Comment