RESUME sumber belajar anak usia dini “Lingkungan sebagai Sumber Belajar Bagian II”

   A.    Prosedur Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Apabila kita menginginkan anak memperoleh hail belajar yang banyak dan bermakna dari sumber beajr lingkungan, maka kita perlu membuatan persiapan ayang matang. Tanpa persiapan belajar anak tidak akan terkendali dngan baik senhingga akan berpengaruh terhadap terjadinya tujuan pendidikan yang diharapkan.
Perlu kita ketahui bahwa ada tiga langkah prosedur yang bisa ditempuh dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini ini yaitu :
1.      Langkah Perencanaan
Perencanaan menempati bagian yang penting. Melalui perencanaan yang matang, yang disusun secara sistematik, dalam pola pemikiran yang menyeluruh akan memberi landasan yang kuat dalam melaksanakan kegiatanm-kegiatan pendidikan khususnya untuk anak usia dini.
Guru selaku pengelola kegiatan belajar harus mengetahui dan memahami tentang apa-apa yang harus direncanakan.
2.   Langkah pelaksanaan 
               Pelaksanaan proses pembelajaran harus dilaksanakan secara efektif dan efesien agar hasilnya optimal sesuai dengan yang telah direncanakan. Pelaksanaan kegiatan belajar harus dapat meningkatkan dan memotivasi aktivitas siswa sehingga siswa dapat menikmati bahwa lingkungan sebagai sumber belajar benar-benar dapat memperkaya dan memperjelas bahan ajar yang dipelajari.         

3.   Langkah tindakan lanjut (follow up) 
                     Langkah ini untuk menindak lanjuti hasil kegiatan pembelajaran. Sehingga apabila ada siswa yang belum mengerti atau memahami lingkungan sebagai sumber belajar dibimbing dan diarahkan sesuai dengan materi pembelajaran. Sedangkan bagi siswa yang sudah memahami dapat melanjutkan kegiatannya lebih mendalam sehingga lingkungan merupakan sumber belajar yang banyak manfaatnya.

B.     TEKNIK PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Teknik Menggunakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar :
Ada beberapa kegiatan yang dapat guru tempuh dalam meancang pemamfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini.

1.   Tentukan tujuan kegiatan yang harus di capai anak berkaitan dngan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar. Tujuan ini pada dasarnya berisi tentang berbagai kompetensi atau kemampuan yang di harapkan dapat di capai oleh anak. Di sarankan agar tujuan atau kemampuan ini di rumuskan secara spesifik atau di jabarkan secara operasional memuah kan dalam penilaian hasil kegiatan.
2.    Tentukan objek lingkingan yang akan di pelajari atau di kunjungi. Dalam hal iniperlu guru perhatikan keterkaitannya dengan tujuan atau kemampuan yang akan di capai sebab bagai mana pun kegiatan ini merupakan kegiatan pendidikan yang bertujuan. Selain itu guru perlu mempertimbangkan berbagai aspek yang berkaitan dengan kemudahan-kemudahan dalam mengunakan lingkungan sebagai sumber belajar di antaranya:
a.    Jarak yang harus di tempuh di upayakan tidak terlalu jauh. Lokasi sumber belajar lingkungan yang terlalu jauh di khwatirkan bisa menyebab kan kelelahan pada diri anak, di samping itujuga memerlukan persiapan yang cukup matang.
b.   Waktu yang tersedia di upaya kan tidak terlalu lama. Hal ini berkaitan dengan alokasi waktu kegiatan pendidikan untuk anak usia dini pada umumnya memamg tidak terlalu lam.
c.    Biaya di upayakan di tekan sekecil mungkin, bahkan sebaiknya tidak perlu biaya khusus untuk kegiatan ini jika di lingkungan sekitar sekolah  sudah tersedia berbagai lingkungan sumber belajar yang bisa di manfaatkan untuk kegiatan belajar anak.
d.   Keamanan pada saat anak sedang melakukan kegiatan perlu mendapatkan perhatian yang eksama terutama dari pihak guru.
e.    Ketersediaan sumber belajar lingkungan yang akan di pelajari. Dalam hal ini, guru perlu melakukan penjajaan terlebih dahulu sebelum proses pendidikan di lakukan.

3.   Rumuskana cara belajar atau bentuk-bentuk kegiatan yang harus di lakukan anak selama mempelajari sember belajar lingkungan. Misalnya anak di minta untuk mengamati sesuatu, mencari benda-benda, mengambar menirukan, mengikuti petunjuk guru, atau bentuk-bentuk kegiatan lainnya sesuai untuk anak usia dini.

4.   Siap kan hal-hal yang sifatnya teknis. Misalnya pembuatan tata tertib kegiatan yang harus di patuhi anak selama mengikitu kegiatan serta perlengkapan-perlengkapan yang harus di bawa masing-masing anak atau kelompok anak. Sebagai panduan guru dalam penilaian hasil pendidikan, perlu juga di siapkan semacam alat atau instrumen penilaian.




Sumber materi:
            Ellyawati,cucu.2005.pemilihan dan pengembangan sumber belajar untuk anak usia dini.jakarta: DEPDIKNAS
            Zaman, dkk.media dan sumber belajar TK edisi 1. UT

0 Response to "RESUME sumber belajar anak usia dini “Lingkungan sebagai Sumber Belajar Bagian II”"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef