DASAR-DASAR PERTIMBANGAN, PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN



A.    DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN MEDIA PENGAJARAN
               Pembelajaran merupakan suatu proses yang didalamnya terdapat nilai mendidik. Pembelajaran yang baik yaitu  apabila dalam proses belajar mengajar terdapat hubungan timbal balik antara guru dengan anak. Ketika dalam pembelajaran hanya terjadi komunikasi searah, maka proses pembelajaran tidak dapat dikatakan sebagai interaksi yang edukatif.
Media pembelajaran adalah suatu media yang digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (peserta didik).
Pembelajaran yang menyenangkan bagi anak merupakan suatu perangsang agar anak mampu mengembangkan kemampuan dasarnya. Pembelajaran yang semacam ini memang harus ditunjang dengan media pembelajaran yang menarik pula. Pada hakikatnya seorang anak akan dengan mudah belajar ketika disuguhkan dengan benda yang nyata sebab anak belum mampu berfikir secara abstrak. Maka guru membutuhkan penunjang dalam pembelajaarannya seperti Alat Permainan Edukatif (APE).
Secara garis besar manfaat media pembelajaran ialah memperlancar proses belajar mengajar guru agar lebih efektif dan efisien. Sedang manfaat khususnya, antara lain :
a.    Informasi akan tersampaikan secara lancar dan jelas
Media pembelajaran meminimalisir adanya keambiguan guru dalam menyampaikan informasi yang akan diberikan kepada peserta didik

b.    Pembelajaran akan menarik dan menyenangkan bagi anaK.
Media pembelajaran yang mampu menghasilkan suara, gambar, animasi dan warna akan menarik bagi anak, pembelajaran menjadi hidup dan tidak membosankan.

c.     Media pembelajaran yang fleksibel mampu merangsang anak
Media yang dapat digunakan didalam maupun diluar kelas akan membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal
Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media yaitu:
1.    Tujuan intruksional yang akan dicapai
2.    Karakteristik siswa atau sasaran
3.    Jenis ransangan belajar yang diinginkan
4.    Keadaan latar atau  lingkungan
5.    Kondisi tempat
6.    Luasnya jangkauan yang ingin dilayani
7.    Tema atau subtema yang akan dikembangkan
Dalam pembelajaran anaka usia dini tentu sebagai seorang guru harus mempersiapkan terlebih dahulu media yang digunakan saata pembelajaran. Penggunaan media berguna memudahkan anak untuk memahami sesuatu karena anak belum mampu berfikir abstrak. Dengan adanya media anak akan mampu memahami setiap informasi yang diberikan oleh guru kare na media menjadi penunjang keberhasilan  pembelajaran.
 Media berfungsi sebagai :
1.    Memperjelas pembelajaran
2.    Unuk mengatasi keterbatasan ruang
3.    Untuk mengatasi keterbatasan waktu
4.    Untuk mengatasi keterbatasan indra
Syarat yang dipenuhi guru dalam memilih media pembelajaran, sebagai berikut :
1)    Sesuai dengan pembelajaran atau tema.
2)    Sesuai dengan tingkat perkembangan atau usia anak
3)     Multiguna atau mampu merangsang lebih dari satu kecerdasan anak.
4)    Mudah digunakan dan mudah dibawa anak
5)     Keamanan media ketika digunakan anak, meliputi: bahan yang dipilih, tumpul, dan cat yang aman
6)     Ukuran media yang tepat, tidak terlalu kecil atau terlalu besar agar anak dengan mudah menggunakannya
7)    Media yang menarik bagi anak, meliputi: bentuk, ukuran dan warna yang digunakan
8)    Bahan yang mudah ditemukan, dapat menggunakan barang-barang bekas
9)     Dapat digunakan secara individual, kelompok maupun klasikal
10)                        Mudah dibersihkan ketika kotor.
11)                        Ketika guru mengabaikan syarat tersebut, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal

B.KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PENGAJARAN
1.    Menurut Profesor Ely
Kriteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kriterianya adalah:
·       Karakteristik siswa
·       Strategi belajar mengajar
·       Organisasi kelompok belajar
·       Alokasi waktu dan sumber
·       Serta prosedur penilaiannya juga perlu dipertimbangkan.

2.    Menurut Dick and carey
·       Ketersediaan sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada harus dibeli atau dibuat sendiri.
·       Apakah untuk mebeli atau memproduksi sendiri tersebut ada dana, tenaga dan fasilitasnya.
·       Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktisan dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama.
·       Efektifitas biayanya dalam jangka waktu yang panjang
3.    Secara umum kriteria yang menjadi fokus di sini antara lain karekteristik siswa, tujuan pembelajaran bahn ajar, karakkteristik media sendiri, dan  pemanfaatan media.
a.    Karakteristik siswa
Merupakan keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan  yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan ddan pengalamannya sehingga menentukan pola aktivitas dalam meraih cita-citanya. Setidaknya dalam karekteristik siswa ada tiga hal yang berkaitan, yaitu:
·       Karakteristik atau keadaan yang berkenaan dengan kemampuan awal atau prerequisite skiils, yakni kemampuan yang diperluakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kemampuan ini merupakan hasil dari berbagai pengalaman masing-masing siswa.
·       Karakteristik yang berhubungan dengan latar belakang, lingkungan hidup dan status sosial (socioculture)
·       Karakteristik yang berhubungan dengan perbedaan-perbedaan pribadi.
b.    Tujuan belajar
Meliputi: untuk mendapatkan pengetahuan, pemahaman konsep dan ketrampilan, serta pembentukan sikap. Semuanya dimaksudkan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Relevan dengan hal ini, hasil belajar tersebut meliputi:
·       Hal-ihwal keilmuan dan pengetahuan, konsep atau fakta (kognitif)
·       Hal-ihwal personal. Kepribadian atau sikap (afektif)
·       Hal-ihwal kelakuan, ketrampilan atau penampilan (psikomotorik)
·       Sifat bahan ajar
Aktivitas disekolah  kompleks dan bervariasai, karena itu seorang pendidik perlu memilih media yang tepat agar lingkungan belajar lebih dinamis, bervariasi dan tidak membosankan.
4.    Menurut Yudhi Munadi, Media Pembelajaran, Ciputat: Gaung Persada Press, 2008.
Adapun kriteria dalam pemilihan media pembelajaran adalah :
a.    Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media yang dipilih berdasarkan tujuan insrtuksional yang diterpakan secara umum mengacu kepada kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga arah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan ini dapat digambarkan dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan oleh siswa seperti menghafal, melakukan kegiatan fisik, dan mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan pemikiran pada tingkatan lebih tinggi.
b.    Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi media yang berbeda, contoh film dan grafik memerlukan simbol dan kode yang berbeda. Agar dapat membantu proses pembelajaran secara efektif, media harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental siswa.
c.     Praktis, luwes dan bertahan, jika tidak tersedia waktu, dana, atau sumber cara lainnya memproduksi, maka tidak perlu dipaksakan. Kriteria ini menuntun para guru/instruktur untuk memilih media yang ada yang ada, mudah diperoleh atau mudah dibuat oleh guru. Media yang dipilih sebaiknya dapat digunakan dimanapun dan kapanpun dengan peralatan yang tersedia di sekitarnya, serta mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana.
d.    Guru terampil menggunakannya, ini merupakan salah satu kriteria utama. Apapun jenis media yang digunakan, guru harus mampu menggunakannya dalam proses belajar mengajar. Nilai dan manfaat media sangat ditentukan oleh guru yang menggunakannya.
e.    Pengelompokan sasaran, media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya jika digunakan pada kelompok kecil atau perorangan. Oleh karena itu ada berbagai macam media yang digunakan untuk jenis kelompok besar, kecil, dan perorangan.
f.      Mutu tekhnis, pengembangan visual baik gambar maupun fotografi harus memenuhi persyaratan tekhnis tertentu. Contohnya visual pada slide harus jelas dan informasi atau pesan yang ditonjolkan dan ingin disampaikan tidak boleh terganggu oleh elemen lainnya yang berupa latar belakang ( Azhar Arsyad, 1997 : 72-74).
5.    Menurut Ahmad Rohani dalam bukunya “Media Instruksional Edukatif” menyatakan bahwa pemilihan dan pemanfaatan media perlu memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut :
a. Tujuan
Media hendaknya menunjang tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
b. Ketepatgunaan
Tepat dan berguna bagi pemahaman bahan yang dipelajari.
c.     Keadaan peserta didik
Kemampuan berfikir dan daya tangkapa peserta didik, dan besar kecilnya kelemahan peserta didik perlu dipertimbangkan.
d. Ketersediaan Pemilihan perlu memperlihatkan ada atau tidak media tersedia di perpustakaan atau di sekolah serta mudah-sulinya diperoleh.
e. Mutu teknis
Media harus memiliki kejelasan dan kualitas yang baik.
f. Biaya
Hal ini merupakan pertimbangan bahwa biaya yang dikeluarkan apakah seimbang dengan hasil yang dicapai serta ada kesesuaian atau tidak. (Ahmad Rohani, 1997 : 72-74)
Aspek lain yang memerlukan pertimbangan agar dalam pemilihan dan pengembangan media dapat maksimal adalah kemampuan biaya, ketersediaan waktu, tenaga, fasilitas dan peralatan pendukung. Seorang guru harus mengetahui   potensi media, karakteristik masing-masing jenis media, agar setiap media dapat tepat guna dan tidak kehilangan perannya dalam proses pembelajaran.
SUMBER
Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010



0 Response to "DASAR-DASAR PERTIMBANGAN, PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef