A.
DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN MEDIA
PENGAJARAN
Pembelajaran merupakan suatu
proses yang didalamnya terdapat nilai mendidik. Pembelajaran yang baik
yaitu apabila dalam proses belajar
mengajar terdapat hubungan timbal balik antara guru dengan anak. Ketika dalam
pembelajaran hanya terjadi komunikasi searah, maka proses pembelajaran tidak
dapat dikatakan sebagai interaksi yang edukatif.
Media pembelajaran adalah suatu media
yang digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam
mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan
belajar (peserta didik).
Pembelajaran
yang menyenangkan bagi anak merupakan suatu perangsang agar anak mampu
mengembangkan kemampuan dasarnya. Pembelajaran yang semacam ini memang harus
ditunjang dengan media pembelajaran yang menarik pula. Pada hakikatnya seorang
anak akan dengan mudah belajar ketika disuguhkan dengan benda yang nyata sebab
anak belum mampu berfikir secara abstrak. Maka guru membutuhkan penunjang dalam
pembelajaarannya seperti Alat Permainan Edukatif (APE).
Secara
garis besar manfaat media pembelajaran ialah memperlancar proses belajar
mengajar guru agar lebih efektif dan efisien. Sedang manfaat khususnya, antara
lain :
a.
Informasi akan tersampaikan secara
lancar dan jelas
Media
pembelajaran meminimalisir adanya keambiguan guru dalam menyampaikan informasi
yang akan diberikan kepada peserta didik
b.
Pembelajaran akan menarik dan
menyenangkan bagi anaK.
Media
pembelajaran yang mampu menghasilkan suara, gambar, animasi dan warna akan
menarik bagi anak, pembelajaran menjadi hidup dan tidak membosankan.
c.
Media pembelajaran yang fleksibel
mampu merangsang anak
Media
yang dapat digunakan didalam maupun diluar kelas akan membantu merangsang
pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal
Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan
dalam memilih media yaitu:
1.
Tujuan intruksional yang akan dicapai
2.
Karakteristik siswa atau sasaran
3.
Jenis ransangan belajar yang
diinginkan
4.
Keadaan latar atau lingkungan
5.
Kondisi tempat
6.
Luasnya jangkauan yang ingin dilayani
7.
Tema atau subtema yang akan
dikembangkan
Dalam pembelajaran anaka usia dini
tentu sebagai seorang guru harus mempersiapkan terlebih dahulu media yang
digunakan saata pembelajaran. Penggunaan media berguna memudahkan anak untuk
memahami sesuatu karena anak belum mampu berfikir abstrak. Dengan adanya media
anak akan mampu memahami setiap informasi yang diberikan oleh guru kare na
media menjadi penunjang keberhasilan pembelajaran.
Media berfungsi sebagai :
1.
Memperjelas pembelajaran
2.
Unuk mengatasi keterbatasan ruang
3.
Untuk mengatasi keterbatasan waktu
4.
Untuk mengatasi keterbatasan indra
Syarat yang dipenuhi guru dalam
memilih media pembelajaran, sebagai berikut :
1)
Sesuai dengan pembelajaran atau tema.
2)
Sesuai dengan tingkat perkembangan
atau usia anak
3)
Multiguna atau mampu merangsang lebih dari
satu kecerdasan anak.
4)
Mudah digunakan dan mudah dibawa anak
5)
Keamanan media ketika digunakan anak,
meliputi: bahan yang dipilih, tumpul, dan cat yang aman
6)
Ukuran media yang tepat, tidak terlalu kecil
atau terlalu besar agar anak dengan mudah menggunakannya
7)
Media yang menarik bagi anak,
meliputi: bentuk, ukuran dan warna yang digunakan
8)
Bahan yang mudah ditemukan, dapat
menggunakan barang-barang bekas
9)
Dapat digunakan secara individual, kelompok
maupun klasikal
10)
Mudah dibersihkan ketika kotor.
11)
Ketika guru mengabaikan syarat
tersebut, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal
B.KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PENGAJARAN
1. Menurut
Profesor Ely
Kriteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai, kriterianya adalah:
·
Karakteristik siswa
·
Strategi belajar mengajar
·
Organisasi kelompok belajar
·
Alokasi waktu dan sumber
·
Serta prosedur penilaiannya juga perlu
dipertimbangkan.
2. Menurut Dick
and carey
·
Ketersediaan sumber setempat, artinya bila media yang bersangkutan
tidak terdapat pada sumber-sumber yang ada harus dibeli atau dibuat sendiri.
·
Apakah untuk mebeli atau memproduksi sendiri tersebut
ada dana, tenaga dan fasilitasnya.
·
Faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktisan dan
ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama.
·
Efektifitas biayanya dalam jangka waktu yang panjang
3. Secara umum
kriteria yang menjadi fokus di sini antara lain karekteristik siswa, tujuan
pembelajaran bahn ajar, karakkteristik media sendiri, dan pemanfaatan media.
a. Karakteristik
siswa
Merupakan keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa
sebagai hasil dari pembawaan ddan pengalamannya sehingga menentukan pola
aktivitas dalam meraih cita-citanya. Setidaknya dalam karekteristik siswa ada
tiga hal yang berkaitan, yaitu:
·
Karakteristik atau keadaan yang berkenaan dengan
kemampuan awal atau prerequisite skiils, yakni kemampuan yang
diperluakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kemampuan ini merupakan hasil
dari berbagai pengalaman masing-masing siswa.
·
Karakteristik yang berhubungan dengan latar belakang,
lingkungan hidup dan status sosial (socioculture)
·
Karakteristik yang berhubungan dengan
perbedaan-perbedaan pribadi.
b. Tujuan belajar
Meliputi: untuk mendapatkan pengetahuan, pemahaman konsep dan ketrampilan,
serta pembentukan sikap. Semuanya dimaksudkan untuk mencapai hasil yang
diharapkan. Relevan dengan hal ini, hasil belajar tersebut meliputi:
·
Hal-ihwal keilmuan dan pengetahuan, konsep atau fakta
(kognitif)
·
Hal-ihwal personal. Kepribadian atau sikap (afektif)
·
Hal-ihwal kelakuan, ketrampilan atau penampilan
(psikomotorik)
·
Sifat bahan ajar
Aktivitas disekolah kompleks dan bervariasai, karena itu seorang
pendidik perlu memilih media yang tepat agar lingkungan belajar lebih dinamis,
bervariasi dan tidak membosankan.
4. Menurut Yudhi
Munadi, Media Pembelajaran, Ciputat: Gaung Persada Press, 2008.
Adapun kriteria dalam pemilihan media pembelajaran adalah :
Adapun kriteria dalam pemilihan media pembelajaran adalah :
a. Sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai. Media yang dipilih berdasarkan tujuan insrtuksional
yang diterpakan secara umum mengacu kepada kepada salah satu atau gabungan dari
dua atau tiga arah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan ini dapat
digambarkan dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan oleh siswa seperti
menghafal, melakukan kegiatan fisik, dan mengerjakan tugas-tugas yang
melibatkan pemikiran pada tingkatan lebih tinggi.
b. Tepat untuk
mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi
media yang berbeda, contoh film dan grafik memerlukan simbol dan kode yang
berbeda. Agar dapat membantu proses pembelajaran secara efektif, media harus
selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental
siswa.
c. Praktis, luwes
dan bertahan, jika tidak tersedia waktu, dana, atau sumber cara lainnya
memproduksi, maka tidak perlu dipaksakan. Kriteria ini menuntun para
guru/instruktur untuk memilih media yang ada yang ada, mudah diperoleh atau
mudah dibuat oleh guru. Media yang dipilih sebaiknya dapat digunakan dimanapun
dan kapanpun dengan peralatan yang tersedia di sekitarnya, serta mudah
dipindahkan dan dibawa kemana-mana.
d. Guru terampil
menggunakannya, ini merupakan salah satu kriteria utama. Apapun jenis media
yang digunakan, guru harus mampu menggunakannya dalam proses belajar mengajar.
Nilai dan manfaat media sangat ditentukan oleh guru yang menggunakannya.
e. Pengelompokan
sasaran, media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya
jika digunakan pada kelompok kecil atau perorangan. Oleh karena itu ada
berbagai macam media yang digunakan untuk jenis kelompok besar, kecil, dan
perorangan.
f. Mutu tekhnis,
pengembangan visual baik gambar maupun fotografi harus memenuhi persyaratan
tekhnis tertentu. Contohnya visual pada slide harus jelas dan informasi atau
pesan yang ditonjolkan dan ingin disampaikan tidak boleh terganggu oleh elemen
lainnya yang berupa latar belakang ( Azhar Arsyad, 1997 : 72-74).
5. Menurut Ahmad
Rohani dalam bukunya “Media Instruksional Edukatif” menyatakan bahwa pemilihan
dan pemanfaatan media perlu memperhatikan kriteria-kriteria sebagai berikut :
a. Tujuan
a. Tujuan
Media hendaknya menunjang tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
b. Ketepatgunaan
b. Ketepatgunaan
Tepat dan berguna bagi pemahaman bahan yang dipelajari.
c. Keadaan
peserta didik
Kemampuan berfikir dan daya tangkapa peserta didik, dan besar kecilnya
kelemahan peserta didik perlu dipertimbangkan.
d. Ketersediaan Pemilihan perlu memperlihatkan ada atau tidak media
tersedia di perpustakaan atau di sekolah serta mudah-sulinya diperoleh.
e. Mutu teknis
Media harus memiliki kejelasan dan kualitas yang baik.
f. Biaya
f. Biaya
Hal ini merupakan pertimbangan bahwa biaya yang dikeluarkan apakah seimbang
dengan hasil yang dicapai serta ada kesesuaian atau tidak. (Ahmad Rohani, 1997
: 72-74)
Aspek lain
yang memerlukan pertimbangan agar dalam pemilihan dan pengembangan media dapat
maksimal adalah kemampuan biaya, ketersediaan waktu, tenaga, fasilitas dan
peralatan pendukung. Seorang guru harus mengetahui potensi media,
karakteristik masing-masing jenis media, agar setiap media dapat tepat guna dan
tidak kehilangan perannya dalam proses pembelajaran.
SUMBER
Arief S.
Sadiman dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Daryanto, Media
Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010
0 Response to "DASAR-DASAR PERTIMBANGAN, PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment