MENGOBSERVASI KECERDASAN JAMAK ANAK



Pada masa anak usia dini perkembangan kemampuan otaknya sangat berkembang pesat, oleh karena itu pada masa ini disebut sebagai masa golden age atau usia emas. Pada masa inilah kecerdasan-kecerdasan anak akan berkembang dengan cepat dan baik. Sehingga dikatakan bahwa masa kanak-kanank merupakan pondasi anak untuk sukses di masa depan.
Kecerdasan jamak atau sering disebut multiple intelegencesmerupakan perkembangan mutakhir dalam bidang intelegensi yang menjelaskan hal-hal yan berkaitan dengan jalur-jalur yang digunakan manusia untuk menjadi cerdas.
Pengertian kecerdasan jamak
Menurut Howard Gardner yaitu intelegnsi adalalh kemampuan untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu setting yang bermacam-macam dan dalam situasi nyata.
Macam-macam kecerdasan jamak
  • Verbal linguistic
Merupakan kecerdasan bahasa baik itu dilihat dari kata,kalimat, tata bahasa, tulisan maupun lisan. Menurut Gardner (dalam dadan suryana, 2013) Orang yang memiliki kemampuan ini dapat beragumentasi dengan baik, meyakinkan orang lain, mengajarkan dan menjelaskan pemikirannya pada orang lain
  • Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan ini mengenai kemampuan seseorang untuk mengerti dan peka terhadap seseorang, intense, motivasi, watak, dan temperamen orang lain.
  • Intra personal
Kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri serta kemampuan untuk bertindak secara adaptif dan berdasarkan pengenalan diri itu.dapat memahami kelebihan dan kelemahan diri sendirimampu memotivasi dan mendisiplinkan dirinya sendiri.
  • Kecerdasan bodly kinestetik
Berkaitan dengan koordinasi antarafisik motorik dan visual motorik.
  •  Kecerdasan musical
Berkaitan dengan pemahaman anak terhadap pola-pola suara,ritme dan nada.
  •  Kecerdasan visual spasial
Kemampuan anak dalam berimajinasi dan mewujudkannya melalui gambar
  •  Kecerdasan logika matematik
Kemampuan mengguankan angka dengan baik
  •   Kecerdasan naturalis
Kemampuan anak dalam memahami alam sekitar.
  • Kecerdasan spiritual
Berkaitan dengan kesadaran anak dalam beragama seperti melaksanakan ajaran agama.
  • Kecerdasan eksistensial
Menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang dalam menjawab persoalan-persoalan terdalam mengenai eksistensi manusia.

Sumber:
Nurhafizah.2011.bahan ajar mk.kolaborasi orang tua dan guru dalam pendidikan. Padang
Suryana, dadan.2013.pendidikan anak usia dini(teori dan praktik pembelajaran).padang.UNP press

0 Response to "MENGOBSERVASI KECERDASAN JAMAK ANAK"

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef