story telling cerita untuk anak tk "ketika Nyu NBertemu Pagul"


Narasi Cerita

     A.    Judul buku
Ketika Nyu-Nyu bertemu Pagul karya Evi Z. Indriani
 


Tokoh dalam cerita:
   1.      Penyu kecil sebagai Nyu-Nyu
    2.      Buah pohon bakau sebagai Pagu
Ketika Nyu-Nyu bertemu Pagul
Halaman 1
Gambar : penyu kecil, berada di bawah laut bersama ikan-ikan cantik, anemo laut dan terumbu karang.
Tulisan    : “ aduuuh, kenapa ya perutku sakit begini?”erang Nyu-Nyu, si penyu kecil. “ padahal, seingatku tadi pagi aku Cuma sarapan ikan kecil.” “Mungkin karena sebelum makan kamu tidak berdoa!” kata sebuah suara. “ wah, suara siapakah itu?” Nyu-Nyu menoleh kiri kanan. Tak ada siapa-siapa. Hanya ada terumbu karang di bawahanya, dikelilingi ikan-ikan canti, anemo laut, dan siput-siput jelita. “Assalamu’alaikum!” suara itu terdengar lagi.
Halaman 2
Gambar : Nyu-Nyu
Tulisan : “oh,eh wa’alaikum salam,” jawab Nyu-Nyu gugup. “siapa yang bicara? Aku tak melihat mu!” sambungnya. “ Siapa yang bicara? Aku!aku! ini, di sini!” Suara itu terdengar lagi, kali ini lebih nyaring, arahnya dari atas san.
Nyu-Nyu menengadah dan keheranan. “Wah benarkah batang itu yang bicara padaku?” tanyanya dalam hati.
Halaman 3
Gambar : Pagu dan Nyu-Nyu, sedang berbicara
Tulisan : “ halo!halo! sapa benda panjang bewarna hijau itu sambil bergerak lincah. “ ha, pasti baru kali ini kau melihatku!” terka benda itu. “betul, baru kali ini aku bertemu denganmu. Sepertinya kau bukan makhluk laut, tapi kenapa ada disini? Tanya nyu-nyu. Betul aku bukan makhluk laut. Aku adalah buah dari pohon bakau yang hidup di darat.” Jawab pagu. “sebentar, apa katamu? Buah? Jadi kamu buah? Bukan batang?” Nyu-nyu lagi-lagi kebingungan.
Halaman 4
Gambar : Pagu dan Nyunyu, berenang dipermukaan laut.
Tulisan : “ iya, aku buah dan orang tuaku adalah pohon bakau. Ilmuwan menyebutku propagul atau anak semai. Kau boleh memanggilku Pagul.”” Pagul? Baiklah. Apa yang sedang kamu lakukan disini? Orang tuamukan didarat kenapa kamu main ke laut? Kamu lagi tidak tersesatkan?” Tanya Nyu-nyu. “oh jang kawatir, Nyu. Inilah bukti kasih saying Allah kepadaku.Meski orangtuaku tinggal di darat, aku pandai mengapung di laut. Aku juga tidak tersesat dan aku sedang berkelana, “ ujar pagul. “Hmm,apa kamu tidak capek, lapar atau sakit Gul? Tanya Nyu-Nyu.
Halaman 5
Gambar : Nyu-Nyu dan Pagul, di permukaan laut di sore hari.
Tulisan : “Alhamdulillah,Allah kan sangat sayang padaku. Sebelum diperintahkan untuk berpetualang seperti ini aku sudah di siapkan dengan sempurna. Waktu aku masih menggantung di dahan orang tuaku, Allah memberiku batang yang kuat.
Halaman 6
Gambar : Nyunyu dan pagul di bawah bulan
Tulisan : “ setelah aku tiba di pantai pilihan Allah nanti, Allah akan tetap menemaniku. Allahakan membuat akarku bernapas meski dalam lumpur. Tak hanya itu, akar ku pun bisa menyaring garam dalam laut!” “Subhanallah,” puji Nyu-nyu

Halaman 7
Gambar :  pagul dan pohon bakau
Tulisan : “ ya, segala puji bagi Allah, penguasa alam semesta. Allah telah menjaga dan menumbuhkan kami. Oleh karena itu, kami berusaha menjalankan seluruh tugas kami dengan sebaik-baiknya!”. “ wow, keren! Memangnya apasaja sih tugas kalian?” Tanya nyunyu. “tugas ku, hmm aku harus melindungi ikan, udang, kodok atau kepiting dari musuh mereka.
Halaman 8
Gambar : Negara Indonesia
Tulisan : “ah,, aku ingin tumbuh di pantai Indonesia saja. Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia, jadi Indonesia memiliki banyaaak pantai. Nah, seharusnya pantai-pantai itu ditumbuhi bakau yang subur dan luas!” kata pagul bersemangat. “ betul juga ya” gumam Nyu-nyu.
Halaman 9
Gambar : Nyu-nyu, pagul, di atas lautan
Tulisan : “ oya, bagaimana perutmu? Apakah sudah tidak sakit lagi?” Tanya pagul
 hahaha cerita mu yang seru membuatku terhibur. Alhamdulillah, perutku tidak sakit lagi,” jawab Nyu nyu riang. “ sebaiknya kamu hati-hati Nyu. Kemarin, Pepe, si penyu kecil juga sakit perut, seperti kamu. Penyebabnya salah makan. Benda yang dia sangka ubur-ubur ternyata plastik!!”
“wah benarkah itu gul?” kata Nyu-Nyu geli.
Halaman 10
Gambar : Nyu-Nyu dan Pagul di pantai
Tulisan : “sungguh!”ujar Pagul serius. “ banyak sampah yang dibuang manusia di pantai, lalu terbawa air laut. Salah satunya sampah plastic! Plastik kan bening mirip ubur-ubur. Hayoo…tadi kau merasa makan ubur-ubur tidak?”.” Hmm,seingatku sih tidak,” kata Nyu-Nyu. “ ah semoga saja tidak ada manusia yang membuang sampah sembarangan. Lalu sekarang apa rencanamu, Gul?”
Halaman 11
Gambar : Nyunyu dan Pagul bersama ikan kecil
Tulisan : “ aku?hmm aku ingin tidur saja dalam ayunan gelombang laut. Kalau kamu?”jawab Pagul.” Aku mau menemui teman-teman di terumbu karang. Sudah lama aku tidak bertemu mereka,” kata Nyu-Nyu. “ baiklah kalau begitu, sampaikan salamku pada teman-temanmu, ya! Pesan pagul.” Insya Allah,,Assalamu’alaikum Pagul! Allah akan selalu menjagamu…!”
Halaman 12
Gambar : pagul di hutan bakau
Tulisan : Suatu pagi,,,
                 “ Bangun nak “. Pagul tersentak dari tidurnya. Ia kebingungan dan menoleh kiri kanan. Tubuhnya kini menancap di pantai yang subur,tidak tertegun lagi dalam gelombang laut. “ selamat datang,” kata suara itu lagi. Suara sebatang pohon bakau tua. “ayo cepat besarlah, jaga pantai ini, pantai Indonesia!”

0 Response to "story telling cerita untuk anak tk "ketika Nyu NBertemu Pagul""

Post a Comment

Popular Posts

wdcfawqafwef